Problem pertama yang muncul ketika belanja online dengan pengiriman SiCepat Ekspres adalah paket gagal dipick up oleh SiGesit. Ket: Barang Not Ready atau Reschedule by Seller. Apa artinya dan kenapa terjadi?

Seperti ketahui SiCepat Ekspres adalah perusahaan Ekspedisi yang memberikan layanan pick up barang pertama di Indonesia. Kurir ditugaskan untuk mengambil barang langsung ke seller setelah menerima request pickup dari Shopee, Tokopedia atau Bukalapak.

Arti Paket Gagal Dipick Up oleh SiGesit

Artinya kurir gagal mengambil barang dari seller sesuai jadwal pick up karena kendala tertentu. Dalam tracking pengiriman SiCepat ada dua Keterangan yang menyertai status ini yaitu Barang Not Ready atau Reschedule by Seller. 

Arti Paket Gagal Dipick Up oleh SiGesit Barang Not Ready Reschedule By Seller

Barang Not Ready artinya barang yang akan dikirim belum siap ketika kurir datang mengambil pada sesuai jadwal pickup.

Bisa karena seller mengirim banyak barang pada hari itu sehingga packing lama ataupun kurir yang datang terlalu cepat.

Reschedule by Seller artinya penjual minta penjadwalan ulang pick up. Kurir akan melakukan pick up ulang hari itu juga atau keesokan harinya.

Bisa disebabkan karena stock barang ternyata habis sehingga harus restock dulu, seller repot karena urusan tak terduga dll.

Baca juga: Cara Mengambil Paket di Kantor SiCepat

Sayang kedua keterangan hanya mengambarkan gagal pick up dari pihak Seller atau Pengirim. Mimin belum pernah menemui Keterangan yang menjelaskan gagal pick up karena Kurir/ SiGesit.

Fakta di lapangan banyak Seller yang mengeluhkan kurir yang tidak datang sesuai jadwal dan muncullah status Barang Not Ready. Aneh sekali padahal Seller sudah selesai packing, barang siap diambil kapan saja. Buktinya ada di gambar bawah,

Bagaimana jika pick up SiCepat Ekspres gagal?

Terbukti sebenarnya gagal pick up bukan hanya dari seller saja. Ada banyak hal lain yang menyebabkan pickup failed seperti cuaca buruk yang ditakutkan merusak paket, antrian pickup yang overload, kurir berhalangan (biasanya dioper ke kurir lain), akses tertutup karena bencana alam atau penyekatan dll.

Cara Mengatasi Gagal diPick Up SiCepat Ekspress

Bagi anda Seller/ Pengirim, silahkan menghubungi Customer Service SiCepat atau kurir yang bertugas. Biasanya jawaban begini “Mohon maaf sebelumnya perihal tersebut sudah kami infokan ke tim terkait kami ya ka untuk dimaksimalkan proses pickupnya”.

Kalau kurir tidak mampu mengambil, sebaiknya cancel request pickup dan lebih baik drop off paket di gerai terdekat. Tak ada salahnya chat pembeli untuk menginformasikan masalah pengiriman yang tertunda ini.

Baca juga: Cara Mencari Kantor Sicepat Terdekat (Aplikasi & Website)

Bagi anda Buyer/ Penerima, silahkan berkoordinasi dengan penjual terkait kelanjutan pengiriman melalui Chat di marketplace tempat anda belanja online.

Tanyakan baik-baik benarkah mereka tidak siap mengirimkan barang. Jika memang tidak mampu, sebaiknya cancel saja orderanmu dan beli di toko yang lebih profesional. Banyak kok pilihan toko lain di Shopee/ Bukalapak ataupun Tokopedia.

Berapa Lama Paket Dipick Up SiCepat?

Seharusnya paket akan diambil sesuai schedule yang dibuat seller ketika request pick up. Jadwal ambil barang dilakukan pada hari dan jam operasional.

Jam kerja kurir SiCepat Ekspress itu Senin – Sabtu: Pukul 07.00 – 21.00 WIB sedangkan Minggu & Libur Nasional: Pukul 07.00 – 17.00 WIB.

Biasanya kalau request pagi atau siang, di sore hari paket telah di pick up oleh SiGesit. Sedangkan jika request malam, pickup dilakukan keesokan harinya.

Masalah gagal pickup sering kali terselesaikan dalam 1x 24 jam namun kadang bisa berhari-hari. Semua tergantung pada kesiapan Seller untuk packing pesanan dan Kurir untuk mengambil barang sesuai schedule yang ditentukan.

Kesimpulan

Paket gagal diPick up SiCepat maksudnya kurir tidak dapat mengambil paket dari seller sesuai jadwal karena kendala tertentu. Bisa karena barang belum siap, hujan deras ataupun kurir yang berhalangan.

Normalnya pickup ulang akan dilakukan kurir pada keesokan harinya namun kadang bisa berhari-hari. Jika ini terjadi sebaiknya komplain ke Customer Service SiCepat Ekspres agar proses pickup dimaksimalkan. Koordinasikan masalah ini dengan Seller/ Buyer.