Satu pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pemain baru Mobile Legends adalah push rank artinya apa? Mereka yang belum tahu istilah ini bukan cuma pemula di ML namun juga tidak pernah memainkan game online lain.

Yups, pemain game dengan memiliki sistem rank pasti sudah mengetahui apa arti push rank. Misalnya seperti PUBG, Arena of Valor, Free Fire, Marvel Super War, Call of Duty®: Mobile dll.

Apa Itu Push Rank

Diambil dari kata Push = Dorong dan Rank = Ranking/ Peringkat. Push rank artinya adalah memainkan sebuah pertandingan untuk meningkatkan/ mendorong peringkat dalam game.

Contoh penggunaannya dalam kalimat,

  • Yuk push rank mumpung akhir season!
  • Jangan lupa nanti malam push rank bareng sampai Mythical Glory!
  • Woy jangan push rank mulu, belajar lebih penting!
  • Tiap hari push rank tapi kok Epic terus.

Walaupun menggunakan bahasa Inggris, namun istilah push rank lebih populer di Indonesia. Bisa dibilang sebagai kalimat tidak lengkap, lebih tepat ditulis dengan push the rank atau push your rank. Di luar negeri banyak yang menyebutnya dengan increase rank, climbing rank dan rank up.

Push rank lebih tepat digunakan untuk menyebut pertandingan RANKED. Cocok juga untuk sebagian Arcade yang menerapkan sistem rank yaitu Survival, Chess TD dan Magic Chess. Tidak pas untuk menyebut pertandingan di mode Classic, A.I dan Custom.

Tips Push Rank Mobile Legends

Sebagai tambahan sikentang akan berbagi pengalaman push rank hingga Mythical Glory sebagai solo player dengan hape kentang. Biar ga ngelag coba dulu baca artikel Cara Mengatasi Lag Mobile Legends.

1. Kenali META Terbaru

META merupakan singkatan dari Most Effective Tactic Available, bisa diartikan sebagai taktik paling efektif yang tersedia saat ini. Sebut saja pemilihan hero, item, spell bahkan formasi.

Pemain solo jelas sangat sulit mengatur formasi atau posisi. Usahakan request sejak awal draft sehingga teman setim bisa menyesuaikan pick hero. Disarankan fokus memainkan Hero OP, silahkan cek https://www.expertwm.com/tierlist.

Beli hero dengan Tier tertinggi sesuai rolemu (setidaknya Tier S dan S+). Selanjutnya pelajari item, spell, cara bermain dan timing dengan melihat video pro player dan top global.

Cek juga best teammate dan counter dari heromu. Jangan pick hero andalan jika musuh sudah mengambil hard counter misal ada Kaja/ Khufra ya jangan pick Gusion. Usahakan ada teman setim yang menggunakan hero combo wombo.

Ohya selain itu pelajari bagaimana cara mengcounter hero populer yang OP. Lihat gaya permainan dari hero misalnya saat Helcurt musuh mengeluarkan ulti, sesegera mungkin siapkan skill bertahan termasuk flicker. Ketika Franco terlihat di map, posisikan hero di belakang minions.

Sebelum memulai war lihatlah map dimana posisi teman setim. Gunakan chat dan quick chat untuk mengajak teman war, komunikasi wajib bahkan untuk pemain Solo. Intinya Timing dan Positioning itu sangat penting, pahami masing-masing role anda.

  • Tank dan support harus melindungi hero core, membantu nyicil minion/ creep lalu berikan last hit ke core, assist agar core bisa kill musuh dan membuka maps untuk mencari posisi musuh.

    Bedanya tank memiliki HP tebal sehingga bisa maju duluan untuk membuka war sedangkan support dibekali skill yang bisa melindungi core dan menghajar musuh dari belakang.
  • Offlaner bertugas menganggu hero core musuh yang sedang farming, jangan biarkan mereka dapat last hit dengan mudah. Selain itu mencari kesempatan mencuri turret dan sesekali ganking.
  • Midlaner wajib roam untuk ganking setelah clear minions wave. Pada sebagian besar pertandingan, peran Midlaner di early game sangat menentukan kemenangan tim.
  • Marksman (MM) tugasnya bertani/ farming hingga mendapatkan item. Sesekali harus membantu war terutama saat perebutan turtle lalu kembali ke sawah untuk bertani kembali.

    Seorang MM harus pandai mencari posisi saat war dan farming baik lane dan jungle, semua musuh pasti mengincar nyawa seorang MM lebih dahulu. Lihat maps ya jangan cuma menyalahkan tank dan support.

Pemahaman role makin penting setelah munculnya META dengan 4-5 mask di MPL season 5. Support dan tank harus rela mengorbankan gold dan exp untuk core demi sebuah kemenangan.

2. Jangan Bermain Sore-Malam

Merupakan jam istirahat/ bersantai di sore hingga malam sekitar 18.00-21.00. Pada waktu ini banyak orang yang aktif menggunakan handphone dan tersambung ke internet. Trafik pun ramai yang menyebabkan koneksi internet lebih lemot dari biasanya. Hindari waktu ini kalau anda sering lag karena ping merah.

Selain itu konon pada prime time banyak bocil yang bermain. Sebenarnya hal tersebut bukan masalah besar untuk solo player. Kalau musuh yang bocil ya tinggal babat. Lagian tidak semua anak sekolah itu noob, malah banyak yang handal bermain karena tangan masih gesit. Kuncinya komunikasi, anda sopan kami segan.

3. Bermain dalam Kondisi Prima

Kondisi prima disini maksudnya tidak sedang sakit, capek, ngantuk atau emosi. Kalau misalnya anda kalah 3x berturut-turut sebaiknya istirahat lebih dahulu. Masih banyak waktu untuk membalas kekalahan tersebut.

4. Main Bareng Temen

Solusi terbaik bagi pemain solo adalah main bareng teman, lebih dikenal dengan istilah Mabar. Nyalakan voice chat agar mudah dan cepat dalam berkomunikasi. Lakukan apa yang telah dibahas di tips pertama di atas.

Bagi kalian yang tidak punya teman dunia nyata yang main ML, bisa mencari teman dalam game. Misalnya ada yang bermain bagus, berikan like dan ajak bermain sekali lagi. Kalau pertandingan sebelumnya menang, biasanya mereka mau diajak lagi. Setelah itu berkomunasilah lewat chat ataupun voice chat, terakhir add friend dan ajak bermain di lain waktu.

5. Introspeksi Diri

Setelah mengalami kekalahan jangan buru-buru menyalahkan orang lain. Bisa saja anda yang melakukan kesalahan, misal terlalu maju sehingga mudah diganking musuh, buta maps atau terlalu nafsu mau kill yang malah mati sendiri.

Kesimpulan

Semoga artikel ini dapat menjawab pertanyaan teman-teman tentang apa arti push rank. Artinya memainkan pertandingan dalam game untuk mendorong peringkat naik ke level yang lebih tinggi. Dalam ML terdapat rank mulai dari Warrior, Elite, Master, Grandmaster, Epic, Legend, Mythic hingga tertinggi Glorious Mythic.

Push Rank tidak hanya digunakan untuk Mobile Legends saja, banyak game online lain yang menggunakan sistem rank. Istilah ini memang lebih populer untuk game handphone terutama Mobile Legends dari Moonton.

Author

1 Comment

  1. Dedi Ansori Reply

    Teringat RRQ pick Gusion saat EVOS sudah ambil Kaja dan Lunox. Terlalu PD dan hasilnya 15-1 di match ketujuh M1 tahun kemarin.

Write A Comment