Belakangan ini banyak Bug Mobile Legends terbaru yang bisa dieksploitasi terutama mode Magic Chess. Penggunaan bug membuat hero Overpowered yang membawa kemenangan.

Bukan rahasia lagi ketika ada patch besar di Magic Chess pasti ada bug yang muncul. Sebut saja di season sebelumnya, Lou Yi dapat menduplikasi item, spell dan kristal yang akhirnya skill diganti. Atau di awal kemunculan Bersi, ability “Bersi’s Blessing” menciptakan interaksi bug bersama sinergi Elementalist.

Swordman Blade Armor

Atau lebih dikenal dengan Hayabusa Blade Armor karena si Ninja Scarlet Shadow paling cocok menggunakan item haram tersebut. Cara mengaktifkan bug ini dengan menyalakan Sinergi Swordman 2/ 4 lalu pasang Blade Armor ke hero Swordman.

Kemampuan sinergi Swordman adalah memicu Orbiting Sword ketika skill hero Swordman memberikan damage. Peluang kemunculannya 50%/ 70% dengan damage setara 20%/ 40% dari HP lawan yang hilang.

Anehnya Orbiting Sword dapat terpicu oleh efek dari Blade Armor. Makin dipukul dengan basic attack makin sering muncul. Damage yang dihitung berdasarkan jumlah HP membuatnya mudah mengalahkan hero tebal sekalipun.

Hayabusa bisa dibilang sebagai hero dengan skill terlicin dalam Magic Chess. Apalagi dia juga masuk Mech Era yang mudah mendapatkan Mana untuk mengeluarkan skill. 1 versus 7 pun tidak masalah asalkan timing Shadow Kill yang tepat. Yang sering terjadi dalam game,

  1. Hayabusa Blade Armor maju menyerang musuh
  2. Dia dipukuli banyak musuh hingga sekarat, mana meningkat cepat dan musuh terkena damage Orbiting Sword
  3. Hayabusa mengeluarkan Ougi: Shadow Kill. Skill memberikan damage dan memicu Orbiting Sword. Ketika skill kelar, HPnya menjadi full kembali.
  4. Ulangi step 2 – 3
  5. Musuh mati semua, Hayabusa tetap dengan full HP

Terhitung lebih dari 21 hari sejak Bug ini populer di kalangan pemain, namun hingga sekarang belum diperbaiki. Makin kesini makin banyak orang yang mengeksploitasi bug Hayabusa Bladearmor. Dalam 1 game setidaknya kalian pasti bertemu 1-2 pengguna Bug.

Sikap pemain Magic Chess pun beragam mulai dari yang rehat sementara hingga bug diperbaiki. Namun ada yang menganggap ini “hidden mechanic”, interaksinya dinilai sama dengan skill Magic Missile Jawhead atau Blazing Duet dari Claude yang bisa mengaktifkan sinergi Wrestler di patch lalu. Menurut kalian?

Menurut myopensketchbook, interaksi ini 100% Bug karena dalam Galeri Magic Chess disebutkan bahwa Orbiting Sword dapat terpanggil ketika skill hero Swordman memberikan damage. Tidak wajar jika item semacam Blade Armor juga bisa memanggilnya.

Blazing Hammer dari Brown

Bukan hal baru dimana hero baru menciptakan interaksi yang tersembunyi. Brown si pandai besi memiliki Ability kedua yaitu Blazing Hammer. Sebuah palu yang langsung membunuh hero sekarat di dekat hero pemegangnya. Threshold awal 5% HP yang bisa ditingkatkan hingga 23% HP.

Penjelasan Blazing Hammer Brown 2

Secara teori, sebuah item hanya terpicu ketika penggunanya hidup .Yang menarik walaupun hero sudah mati, efek dari Blazing Hammer bisa aktif. Syaratnya musuh yang sekarat harus berada di dekat tempat matinya pemegang palu.

Equip satu ini dapat memastikan hero pengguna mendapatkan last hit. Inilah mengapa Blazing Hammer cocok dipasangkan ke hero Los Pecados. Sinergi faction ini memiliki peluang 50% untuk mendapatkan gold ketika mengeliminasi musuh. Besarnya 1-3 Gold untuk sinergi 2 hero dan 3-5 Gold untuk sinergi 4 hero.

Line Up yang paling cocok adalah Mage 6 + Northern Vale 3. Esmeralda dan Franco bisa farming gold di awal dengan mudah. Pasang Blazing Hammer di Esmeralda dan taruh dia di posisi tengah. Harapannya walaupun mati, efek Blazing Hammer tetap aktif.

Tak main-main ketika beruntung, kalian bisa mendapatkan hingga 330 Gold di ronde 21. Normalnya dengan hero lain di ronde segitu hanya bisa 240-260. Asalkan hoki Brown 2 bisa lebih kaya dibandingkan Remi 1 atau 3. Bukti adalah gambar di bawah ini.

Bug Mobile Legends Brown Blazing Hammer

My Open Sketch Book tidak yakin 100% jika interaksi Blazing Hammer ini bug Mobile Legends. Bisa saja memang dibuat seperti itu agar efeknya bisa aktif hingga akhir pertandingan.

Kesimpulan

Magic Chess dapat dibilang sebagai mode Arcade tersukses yang dibuat oleh Moonton. Sekarang saja sudah memasuki season keempat, ada commander, skin, map dan tak lupa Magic Chess pass. Sangat disayangkan jika mereka kehilangan pemain karena bug.

Kapan bug ini diperbaiki? Tidak ada yang tahu kecuali Moonton. Bisa di next patch atau menunggu di patch besar selanjutnya. Biasanya di mode Ranked dan Classic, Moonton akan mengkarantina hero/ item yang bermasalah. Sayang hal ini jelas tidak bisa dilakukan di Magic Chess.

Kasus Lou Yi kemarin saja juga butuh waktu lumayan lama. Kemungkinan nanti Magic Blade bakal diganti item pertahanan lain, toh masih ada alternatif lain seperti Athena’s Shield, Antique Quirass, Brute Force Breastplate, Cursed Helmet, Thunder Belt, Queen’s Wings dan Dominance Ice.