Banyak yang bertanya tentang cara mengambil paket di kantor SiCepat Ekspres terdekat? Bisakah jemput barang langsung tanpa menunggu kurir mengirim ke rumah?

Alasannya tentu saja karena pengiriman yang lama sedangkan barang dibutuhkan sesegera mungkin. Apalagi jika terjadi masalah seperti paket dikembalikan HOLD, AU (Antar Ulang), Criss Cross, Misroute, Closed One Delivery Attempt (CODA), Alamat Tutup dll.

Apakah Bisa Mengambil Barang Langsung ke SiCepat?

Dari pengalaman Netizen, kita bisa mengambil paket sendiri di Kantor SiCepat Ekspres. Caranya cukup tunjukkan nomor resi dan bukti identitas bahwa anda adalah penerima paket. Seperti biasa petugas akan mengambil foto sebagai bukti paket telah diterima.

Namun ada beberapa kantor atau gudang yang tidak melayani ambil barang langsung. Berikut adalah jawaban dari Customer Service kenapa tidak bisa, “Mohon maaf,untuk jemput barang sendiri tidak bisa dilakukan yah dikarenakan untuk wilayah tsb hanya ada kurir pengantarannya saja“.

Pada beberapa daerah, kantor SiCepat Ekspres hanya berbentuk gudang. Tidak ada petugas yang menerima ataupun melayani pengambilan barang. Hanya ada kurir yang bertugas mengirim barang ke pelanggan.

Istilah Cargo atau Sortation merupakan tanda bahwa tempat tersebut merupakan gudang yang menerima paket untuk disortir sebelum dikirimkan ke tujuan selanjutnya. Biasanya tidak melayani terima dan jemput langsung.

Cara Mengambil Paket di Kantor SiCepat

Silahkan tracking resi pengiriman melalui SiCepat Ekspres. Bisa melalui aplikasi dan website resmi SiCepat ataupun cek di History pengiriman Shopee, Tokopedia dan Bukalapak.

Lihatlah history pengiriman terakhir, catat nama kota dimana kantor/ gudang berada. Kalau sudah dekat rumah ditandai status “Paket telah di terima di Kotamu [Kotamu]”. Jika sudah di tahap “Paket dibawa [SIGESIT – Nama Kurir]”, sebaiknya urungkan niat jemput langsung dan tunggu saja kedatangan kurir.

Untuk memastikan keberadaan barang, kalian bisa search di google dengan kata kunci “Nama Kota Sicepat”. Misalnya “Madiun Sicepat”, muncullah informasi kantor cabang SiCepat yang ada di Madiun.

Apakah Bisa Mengambil Barang Langsung ke SiCepat?

Hubungi nomor telepon yang tersedia, tanyakan apakah benar paket dengan nomor resi anda sudah ada di gerai tersebut. Oh iya sering kali nomor telepon tidak aktif, silahkan cari kantor lain yang masih satu kota di google maps.

Jika memang paket sudah sampai di kantor terdekat, buatlah janjian untuk waktu pengambilan agar paket tidak dikirim oleh kurir. Setelah itu status paket menjadi Hold Waiting ON Customer. Kalian tinggal pergi ke alamat kantor SiCepat dengan bantuan fitur rute dari google maps.

Datanglah pada jam buka kantor, tunjukkan kode resi dan bukti identitas sebagai syarat jemput paket langsung. Terakhir petugas akan mengambil foto penerima dan paket sebagai konfirmasi. Agar lebih aman, paket bisa dibuka langsung untuk memastikan kondisi barang.

Sayang sekali hingga sekarang informasi gerai yang disediakan di website dan aplikasi masih jauh dari sempurna. Yang tersedia hanya alamat, lokasi di google maps dan fitur pickup/ delivery/ drop. Detailnya sudah dibahas di Cara Mencari Kantor Sicepat Terdekat.

Mudah-mudahan di masa depan ada fitur mencari nomor Whatsapp kurir SiCepat Ekspres yang membawa paket kita. Mereka bisa mencontoh sistem yang sudah diterapkan oleh J&T Express.

Kesimpulan

Cara mengambil paket di kantor SiCepat bisa dilakukan dengan menunjukkan resi dan kartu identitas. Pastikan dulu bahwa paket belum dibawa kurir dengan mengecek nomor resi. Kalau perlu telepon kantor terdekat untuk janjian waktu pengambilan.

Bisa tidaknya mengambil barang langsung ke kantor SiCepat Ekspres tergantung pada ketersediaan petugas. Pada beberapa wilayah kantor SiCepat hanya berupa gudang yang tidak melayani serah/ terima barang. Hanya ada kurir yang bertugas mengantarkan barang ke pelanggan.