Bagaimana cara mengatasi lag Mobile Legends? Sebuah pertanyaan yang sering dilontarkan oleh pemain yang kesal karena game yang dia mainkan delay ataupun patah-patah.

Aplikasi mobile legends lag parah disebabkan 2 hal yaitu jaringan internet dan spesifikasi gadget yang digunakan untuk bermain. Dalam artikel ini sikentang.com akan membagikan solusi satu persatu.

Ping Merah Karena Internet Lemot

Kebanyakan lag saat main ML dikarenakan ping merah, seperti kita ketahui operator seluler di Indonesia jaringannya sering naik turun. Masalah ini terjadi pada semua operator sebut saja Tri, XL, Smartfren, Im3 Indosat, Axis bahkan Telkomsel tak luput dengan namanya lag jaringan.

Sebenarnya Mobile Legends tidak membutuhkan koneksi internet super cepat, kecepatan 1-2 Mbps saja lebih cukup kecuali anda streamer. Asalkan ping masih hijau, ping 50-60 ms dijamin jarang mengalami lag.

1. Memilih Koneksi Terbaik

Kita sebagai pengguna jelas tidak punya kuasa memperbaiki jaringan yang ada, tetapi kita dapat memilih mana operator yang cocok. Yang terpenting jelas kualitas sinyal, cek dulu mana yang stabil saat digunakan bermain di rumah.

Cari operator yang jaringan 4G-nya sudah menjangkau daerahmu. Beda tempat jelas beda kualitas sinyalnya, jadi harus dicek sendiri. Untuk mengecek jaringan 4G operator yang tersedia bisa dengan,

  1. Masuk ke Setting (Setelan).
  2. Nirkabel dan Jaringan, pilih Jaringan Seluler.
  3. Scroll ke bawah dan pilih Operator.
  4. Nonaktifkan pemilihan otomatis, klik Ok.
  5. Tunggu proses penelurusan hingga muncul daftar jaringan internet di daerahmu.

Di luar sana banyak trik yang konon meningkatkan sinyal, sayangnya tidak ada yang terbukti ngefek. Salah satu tips yang sukses adalah menggunakan antena grid yang ditaruh di tiang 10 -15 meter lalu diinduksikan ke handphone. Perlu biaya lebih tapi worth it untuk yang tinggal di daerah lereng gunung.

Koneksi terbaik adalah menggunakan Internet Rumahan, ping-nya sangat kecil dan jarang sekali naik turun seperti operator seluler. Secara harga memang sedikit mahal tapi kita bisa mengakalinya dengan iuran bersama tetangga. Sebulan 300 ribu masih tergolong murah jika yang konek nanti 2 keluarga total 6 orang.

2. Bermain di Jam Sepi

Saat trafik internet lagi ramai dimana banyak orang terhubung jaringan, bisa dipastikan kecepatan turun dan ping akan naik. Lag pun tidak bisa dihindari.

Biasanya trafik paling padat dari jam 6 -8 malam. Kalau memang koneksimu mulai terasa lemot, lebih baik berhenti main dan tunggu beberapa jam. Bermainlah saat koneksi internet lancar ditandai ping hijau.

3. Posisi Menentukan Kualitas Sinyal

Tips ini hanya untuk pengguna internet Mobile bukan Wifi. Seperti kita ketahui bangunan tinggi dan pohon dapat menghalangi sinyal. Sebelum bermain, carilah lokasi yang dengan sinyal terkuat di rumah. Biasanya di teras, balkon lantai 2 atau atas genteng.

4. Gunakan Speed Mode di ML

Dengan mengaktifkan Speed Mode, penggunaan data lebih banyak namun menjanjikan kestabilan koneksi dan memecahkan masalah lag. Ping tidak akan sampai menjadi merah hanya mentok di kuning. Lemot masih mungkin terjadi tetapi tidak sampai diskonek.

Cara melakukannya,

  1. Masuk ke dalam game.
  2. Masuk ke Pengaturan dengan klik logo Gear di kanan atas. Kalau di tengah pertandingan, masuk pengaturan dengan klik logo gear di sudut kiri atas.
  3. Scroll hingga menemukan Pengaturan Koneksi, lalu klik untuk mengeser tombol ke aktif.

5. Gunakan Aplikasi Penstabil Ping

Salah satu fungsi ping adalah menunjukkan kualitas jaringan. Saat komputer sulit terhubung ke server, otomatis ping akan naik dan merah. Jika kondisi ini berlangsung lama, 100% akan diskonek dan hero tidak bisa digerakkan.

Kita butuh aplikasi yang membantu menstabilkan. Sejak jaman game online komputer, melakukan ping ke server terus menerus dipercaya dapat menghindari koneksi terputus. Kurang lengkap rasanya bermain game tanpa nge-ping.

Jika di PC bisa pakai Command Prompt nah di handphone Android ataupun Iphone dapat menggunakan aplikasi seperti Pinger, PingTools Network Utilities, Network Ping Lite dll. Kalian bebas pilih yang mana toh cara kerja aplikasi anti lag mobile legend ini sama saja.

6. Jangan Sambil Download

Sering kali ada yang mengeluhkan internetnya lemot tetapi ternyata dia bermain game sambil download ataupun update. Supaya terhindar dari lag jaringan, sebaiknya matikan aplikasi lain yang sekiranya akan menggunakan koneksi data.

Itulah beberapa hal yang dapat dipertimbangkan mengatasi ping merah. Faktor cuaca juga sangat mempengaruhi kualitas jaringan, hindari bermain game saat hujan terutama kalau disertai petir dan angin.

Agar Mobile Legends Tidak Lag di HP RAM Rendah

Sebelum membahas lebih jauh, kita harus tahu dulu minimum requirement saat awal kemunculannya pada tahun 2016.

AndroidiOS
OS: Android 4.0 Ice Cream
CPU:Intel Quad Core
RAM: 1 GB
OS: iOS 7.0
CPU: Intel Dual Core @1.3 GHz
RAM: 1 GB

Mobile Legends sudah bisa dijalankan dengan handphone dengan spesifikasi di atas misal saja Andromax A, Xiaomi Redmi 2 dsb. Sayangnya belakangan ini walaupun setting low, HP RAM 1 GB akan ngos-ngosan diajak main ML.

Dari awal hingga tahun 2020, Mobile Legends update ini dan itu sehingga butuh spesifikasi lebih tinggi. Disarankan memakai HP dengan RAM 3 GB ke atas sehingga kita bisa menikmati game dengan grafik tinggi.

Bagi kalian yang menggunakan HP Kentang, jangan putus asa dulu. Berikut ini ada cara mengatasi lag Mobile Legends karena lag grafik.

1. Game Booster

Bisa dibilang sebagai aplikasi anti lag Mobile Legends. Berfungsi untuk memaksimalkan kinerja CPU dengan menutup aplikasi yang berjalan di background sehingga banyak memori yang terbebas.

Game booster dapat mengubah setting penggunaan baterai ke performa maksimal. Jangan kaget saat aplikasi ini aktif, baterai HP lebih boros dari biasanya. Ditambah lagi ada Game Booster yang bisa blok notifikasi aplikasi lain yang sering menggangu saat bermain ML.

Kalian bisa download di Playstore/ Appstore, banyak kok yang gratis tapi banyak iklan. Pilih saja yang punya bintang tinggi dan review positif. Sebut saja Dr. Booster – Boost Game Speed, Game Booster | Play Games Faster & Smoother, Game Booster & Launcher dan masih banyak lagi lainnya.

Sudah pakai Game Booster tapi Lemot?

Hal ini sering terjadi terutama pada HP kentang dengan RAM di bawah 2 GB. Seolah-olah game booster tidak berguna sama sekali.

Perlu diingat banyak aplikasi yang berjalan di background seperti facebook, whatsapp, google play dll. Nah, game booster sendiri hanya punya kewenangan untuk menutup aplikasi itu saja, tidak bisa menutup proses dari file sistem. Wajar kalau masih lemot karena CPU dan RAM banyak yang digunakan sistem.

Beberapa game booster bekerja lebih maksimal saat handphone di-root. Dengan begitu game booster bisa menutup lebih banyak proses. Sudah banyak yang membuktikan keampuhan aplikasi agar main mobile legend tidak lag ini.

2. Ubah Pengaturan Grafik ke Rendah

Bagi teman teman pengguna handphone RAM 1 GB ke bawah, wajib menggunakan kualitas grafik rendah atau smooth. Tampilan memang tidak ada detail bayangan, frame karakter, teks damage dll namun yang pentingkan bisa main dulu.

Cara melakukannya,

  1. Masuk ke Pengaturan dengan klik logo Gear di kanan atas.
  2. Fokus ke Tab Dasar dan cari Kualitas Grafik.
  3. Pilih Smooth sehingga pengaturan akan menyesuaikan.

3. Jangan Main Terus Menerus

Makin lama kita bermain pasti makin lemot saja. Hal ini karena cache menumpuk. Saat ini terjadi handphone akan mulai panas (overheat). Oleh karena itu disarankan untuk berhenti bermain saat lag mulai terasa.

Kalaupun ingin segera main, wajib membersihkan cache terlebih dahulu dan restart game.

Cara melakukannya,

  1. Masuk ke Pengaturan dengan klik logo Gear di kanan atas.
  2. Klik Deteksi Jaringan di kolom bawah.
  3. Pindah ke Tab Bersihkan Cache.
  4. Klik dan pilih ok, otomatis ML akan memuat ulang.

Selain tidak baik untuk handphone, bermain nonstop unfaedah banget. Banyak hal positif dilakukan misalkan belajar bagi teman-teman yang masih sekolah. Maksudnya belajar dari proplayer di Youtube supaya jadi Mythical Glory.

4. Main Saat Baterai Masih Banyak (>70%)

Sisa baterai sangat mempengaruhi performa sebuah handphone. Selain itu bermain saat baterai full bisa menghindarkan kita dari panik kehabisan baterai. Enggak asik tiba-tiba baterai merah saat sedang di tengah pertandingan.

Bermain sambil charging adalah ide buruk, selain membuat handphone cepat panas juga membatasi ruang gerak. Kalaupun terpaksa bermain saat ngecas HP, copot pelindung sehingga sirkulasi udara lebih baik. Siapkan kabel yang panjang supaya lebih mudah bergerak.

5. Hapus Aplikasi Tidak Terpakai

Sering kali banyak yang mengeluh, aplikasiku itu itu saja mengapa dulu lancar sekarang jadi lemot? Penyimpanan hampir full? Perlu diingat aplikasi tahun 2017 berbeda denagan 2019 walaupun namanya sama. Developer selalu melakukan update sehingga requirementnya makin tinggi.

Buat kalian pengguna HP RAM rendah dan storage minim, jangan terlalu banyak menginstall aplikasi terutama game. Hapus saja aplikasi yang sudah lama tidak digunakan.

Untuk mengetahui aplikasi yang jarang digunakan dengan cek di Playstore (android),

  1. Masuk ke Playstore, klik Menu dan pilih Aplikasi & game saya.
  2. Pindah ke Terinstall
  3. Urutkan menurut Terakhir digunakan.
  4. Hapus aplikasi yang tidak terpakai misal Toko Online, toh masih bisa beli via web.

6. Atur Baterai ke Mode Performa

Baterai adalah nyawa dari handphone, supaya tidak cepat habis biasanya secara default akan diatur Pintar (Smart) dimana penggunaan CPU dan jaringan disesuaikan.

Saat bermain game online, sebaiknya pengaturan baterai diubah ke mode Kinerja (Performa) yang artinya CPU dan jaringan akan dimaksimalkan.

Cara melakukannya,

  1. Masuk ke Setelan (pengaturan)
  2. Cari Pengelola Baterai, kadang ada Pengaturan Lanjutan.
  3. Ubah Mode Daya ke Performa. Klik Ok.

7. Matikan Notifikasi Aplikasi Lain

Aplikasi seperti facebook dan whatsapp sering kali memberikan pemberitahuan saat kita sedang main ML. Akhirnya permainan akan sedikit patah-patah. Paling menjengkelkan kalau tidak sengaja klik, kita akan keluar dari ML dan saat ingin kembali terasa lag. Apalagi untuk HP Kentang kadang harus mengulang dari awal (logo Moonton).

Cara mengatasinya,

  1. Masuk ke Setelan
  2. Cari panel notifikasi & bilah status.
  3. Pengelola notifikasi, cari aplikasi yang sering memberikan notifikasi. Sebut saja facebook, whatsapp, instagram dll.
  4. Klik aplikasi dan geser tombol pada Izin notifikasi menjadi abu-abu.

8. Hindari Hero dengan Skill Full Efek

Walaupun sudah mengatur grafik ke Low, ada beberapa hero yang dapat menyebabkan Mobile Legends jadi lag karena skill yang punya banyak efek dan bisa dispam misal saja Kadita, Harith dll.

Main ML di HP RAM 1 GB ke bawah lebih baik pakai hero yang tidak banyak kombo sulit. Disarankan memilih hero offlane sehingga jarang ikut war. Battle 5 vs 5 dimana setiap hero mengeluarkan semua skill dapat membuat game jadi patah-patah.

Pertimbangkan Bermain di Laptop dengan Emulator

Buat kalian yang memiliki Laptop dengan RAM 2GB ke atas, bisa mencoba bermain Mobile Legends menggunakan Emulator Android seperti Nox, Bluestack, Memu, Youwave dll.

Emulator ini terbukti dapat memainkan ML tanpa lag grafik. Apalagi sekarang adanya teknologi Virtualization Technology (VT) membuat PC lebih powerfull menjalankan program emulator.

Yang jadi problem hanya harus menyesuaikan kontrol saja. Kita harus belajar bermain dengan mouse dan keyboard. Sensasinya sangat berbeda dengan touchscreen di handphone.

Kesimpulan

Dari artikel Cara Mengatasi Lag Mobile Legends ini, kita bisa menarik kesimpulan bahwa lag jaringan bisa teratasi dengan menggunakan jaringan internet yang cepat dan stabil.

Sedangkan lag karena spesifikasi handphone lebih sulit diatasi. Penggunaan game booster tidak mampu mempercepat kinerja HP kentang. Solusi terbaik adalah ganti dengan handphone RAM 3GB ke atas. Semoga teman-teman dapat rejeki untuk membeli gadget baru.

Author

Write A Comment