Artikel ini membahas tentang cara counter Hayabusa Blade Armor di Magic Chess Mobile Legends. Bug dari sinergi Swordman yang sangat menjengkelkan karena sulit dikalahkan.

Oh iya, hal ini 100% Bug bukan Mekanik atau apalah. Seharusnya Orbiting Sword hanya aktif karena skill dari hero Swordman bukan pantulan dari Blade Armor. Kapan Bug diperbaiki? Mungkin di patch selanjutnya, bukan hal baru jika Moonton mengabaikan bug yang muncul. Lihat saja bug hero nyangkut karena Bersi 1 hingga sekarang masih sering terjadi.

Cara Kerja Bug Hayabusa Blade Armor

Cara pakai bug ini adalah memasang Blade Armor ke salah satu hero Swordman yaitu Saber, Hayabusa, Lancelot dan Ling. Saat hero lawan memukul hero ber-blade armor, Orbiting Sword dapat terpicu oleh efek pantulan item +60 Physical Defence tersebut. Peluangnya 70% jika Swordman 4 menyala dengan damage sebesar 40% dari HP yang hilang.

Sebagian besar orang akan memasangnya pada Hayabusa. Ninja ini dapat menambah mana dengan cepat berkat sinergi Mech Era. Skill Shadow Kill bisa memberikan damage beruntun, ini artinya peluang Orbiting Sword makin besar. Yang paling ngeri adalah Hayabusa tidak bisa ditarget ketika mengeluarkan skill.

Yang sering terjadi dalam game, Hayabusa maju lalu HPnya terkuras namun mana bertambah cepat. Dia mengeluarkan Shadow Kill sehingga tidak bisa diserang. Ketika skill ultimate kelar, HPnya hampir full kembali. Hal ini terus menerus terjadi hingga tersisa Hayabusa saja.

Tidak jarang dengan bermodalkan Hayabusa, pemain bisa mengalahkan lawan yang memiliki power lebih tinggi. Beda 30-50 power bukan halangan untuk Bug Blade Armor. Sebut saja hasil pertandinganku di bawah, walaupun beda power 100 tapi dia sempat memberikan perlawanan. Aku menang berkat Karina blessing +1.

Cara mengalahkan Hayabusa Blade Armor Terbaru
Hyper Karina B4 Astro 6 Assassin 4 pun sempat kalah dengan Bug

Counter Hayabusa Blade Armor

Sejujurnya tidak ada counter yang selalu sukses mengalahkan bug ini. Yang lebih berpengaruh adalah kondisi si Hayabusa itu sendiri, sudah bintang berapa, pengaturan posisi, item yang digunakan dan sinergi yang didapat.

Hayabusa itu sebenarnya empuk, dia hanya hero 2 gold dengan role Swordman. Yang membuatnya Overpower adalah cepat sekali mendapatkan mana ditambah skill licin dengan lifesteal mumpuni.

Jangan buru-buru emosi ketika melihat lawan mengeksploitasi bug Blade Armor demi kemenangan. Bermainlah dengan kepala dingin sambil memikirkan sinergi terbaik.

Sejak update Patch terbaru Season 4, faktor Hoki sangat-sangat berpengaruh dalam memperoleh Blessing. Sukses mendapatkan hero core bintang 4 juga bisa menjadi counter Hayabusa yang ampuh.

Berikut adalah cara mengalahkan bug Blade Armor + Swordman dengan Hayabusa menurut My Open Sketch Book,

Burst Damage + Brown 2

Lebih diutamakan damage dari skill karena tidak akan memicu efek dari Blade Armor. Damage dari basic attack sebenarnya bisa membunuh Hayabusa namun beresiko bunuh diri karena peluang 70% munculnya Orbiting Sword. Basic attack bisa efektif jika kalian punya lifesteal tinggi atau critikal.

Salah satu yang sering ku pakai adalah Mage 6 Northern Vale 3 tambahkan Chou. Chou bisa dibilang hard counter Hayabusa, The Way of Dragon dapat menahan Hayabusa dalam waktu lama. Setidaknya memberi waktu pada Mage mengisi mana.

Jika memungkinkan masukkan Wrestler lain untuk tambahan CC. Alternatif lain yaitu Zilong untuk mengaktifkan Cadia Riverlands 3 dan Weapon Master 3. Tambahan Poison juga bagus untuk meracuni Hayabusa, apalagi di maksimum stack bisa mengurangi efek healing.

Sinergi Counter Hayabusa Bug dengan Mage
Tanpa Chou dan Cadia Riverlands masih menang dengan gameplay Mage agresif

Pilihan Commander yang digunakan adalah Brown 2, Blazzing Hammer bisa membunuh hero sekarat tanpa babibu. Ga ada lagi namanya Hayabusa HP sekarat > Skill Shadow Kill > HP full. Jika sudah sekarat dengan HP 23% dijamin langsung almarhum.

Combo ini memiliki skill area yang dapat mem-wipe out hero lawan dengan cepat. Terakhir tinggal mengalahkan Hayabusa Blade Armor dengan 1 VS banyak. Asalkan sudah B3 dengan Cadia Riverlands, Chou pasti bertahan. Tendangan The Way Of Dragon bisa membawa kemenangan.

Strategi Tambahan: Blazzing Hammer sepertinya nge-bug juga lho. Ketika pemegang palu sudah mati, efeknya masih tertrigger jika ada musuh sekarat di sekitarnya. Berikan pada hero Los Pecados sehingga kalian bisa mendapatkan peluang 50% dapat 1-3 Gold jika nyala 2 hero atau 3-5 Gold jika nyala 4 hero.

Sebagai gambaran kalau bermain Normal hingga ronde 22 kemungkinan hanya dapat 240 – 260 Gold. Dengan menggunakan Brown 2 dengan early Esmeralda + Franco, kalian bisa finish dengan 300-330 Gold tergantung hoki. Bukti ada di bawah ini,

BUG Brown Blazzing Hammer
Hero Buss cuma dapat 240 Gold sedangkan Brown 2 tembus 330 Gold

Cadia Riverlands

Sinergi Cadia Riverlands adalah salah satu counter terbaik Swordman. Alasannya karena Orbiting Sword yang tidak memberikan damage besar. Ingat ya damage sinergi swordman dihitung berdasarkan HP yang hilang. Sedangkan hero Cadia Riverlands itu biasanya memiliki HP full berkat shield yang diperoleh.

Hero dengan sinergi Cadia Riverlands bisa mendapatkan attack speed 90% sekaligus shield hingga 72% max HP. Buff attack dan defence yang balance membuatnya mudah mendominasi lawan. Oh iya sinergi ini tersedia dalam bentuk Crystal, sehingga buff bisa diberikan pada hero META lain.

Salah satu andalanku mengalahkan Hayabusa Blade Armor adalah Cadia Riverlands 6 Wrestler 2, bisa tambah Northern Vale. Menggunakan Masha adalah keuntungan tersendiri, crystal Wyrmslayer jarang diambil orang saat di fate box pertama. Salah satu contoh line up ku membantai Bug adalah,

Sinergi Cadia Riverland melawan Bug Swordman Blade Armor
Hayabusa Bintang 3 Blade Armor dipaksa puas peringkat 3

Sama halnya dengan Dragon Altar, cukup sulit memainkan Cadia Riverlands di early game. Pertama-tama kalian bisa mengandalkan Chou dan Masha. Kombinasi stun keduanya sering membuat keajaiban.

Tambahan damage di early bisa dari Chang’e dan satu mage lain. Apabila HP Commander masih banyak, sebaiknya roll bawah untuk Chou bintang 3.

Jangan sia-siakan crystal Cadia Riverlands saat ada kesempatan mendapatkan. Selain itu berdoalah dapat blessing Faction Cadia Riverlands. Ingat jumlah hero Cadia Riverland itu cuma 6, Zilong dan Lou Yi merupakan hero 4-5 Gold yang sulit didapatkan kecuali di ronde-ronde akhir.

Pada late game, berikan item damage physical ke Wanwan atau hero kuat dengan crystal Cadia Riverlands. Wanwan sangat powerful karena tidak bisa ditarget ketika mengeluarkan skill. Attack speed gila membuatnya mudah mencari mana untuk kembali menyerang.

Jika Chou sering mati lebih dulu, berikan item pertahanan. Item yang tersisa bisa diberikan di Zilong, ingat bro Zilang yang sekarang tidak selemah yang dulu. Seharusnya Wanwan, Chou dan Zilong bisa membunuh Hayabusa bug walaupun bintang 3.

CC dari Wrestler

Dengan menggunakan CC, kita bisa menangkap Hayabusa lalu menghabisinya. Inilah mengapa setidaknya nyalakan 2 sinergi Wrestler. Salah satu andalanku adalah Chou + Masha. Cukup mudah menaikkan kedua hero hingga bintang 3.

Sinergi Wrestler yang sekarang memang tidak sekuat dulu. Tidak ada lagi Claude biji Pink yang melegenda atau combo early Jawhead Carmila Chou. Crystal Wrestler yang hilang membuat hero lincah macam Hayabusa makin bersinar.

Kalian tidak harus mengaktifkan 4 Wrester toh bedanya cuma chance stun 20% dan 30%. Durasi dari stun juga sama yaitu 2 detik.

Oleh karena itu cukup pakai dua hero, andalanku adalah tetap Chou dan Masha. Di late game bisa ganti salah satu dengan Badang. Aku sih no untuk Aldous kecuali pengen main Gunner atau Los Pecados.

Selain kedua Wrestler, hero lain bebas yang penting bisa memberikan damage cukup untuk kill Hayabusa. Contohnya adalah Archer 6 Assassin 4 Abyss 4 Astro 3 yang aku pakai. Aku bahkan cuma pakai Chou saja karena dapat Blessing Role.

Sinergi -Terbaik untuk mengalahkan Hayabusa Blade Armor di Magic Chess
Chou counter terbaik Hayabusa

Secara teori seharusnya Archer kalah dengan Hayabusa Blade Armor. Basic attack dengan speed tinggi akan merugikan karena sering memicu Orbiting Sword. Aku bisa menang berkat Chou yang lock Hayabusa, Argus yang menahan serangan dan tentu saja MVP adalah Irithel B3 Astro 3. Tak lupa crystal Assassin dan Cadia Riverlands.

Kesimpulan

Kunci mengalahkan Hayabusa Blade Armor adalah memiliki damage yang cukup sehingga bisa kill sebelum Shadow Kill. Skill CC atau sinergi Wrestler sangat efektif menghentikan pergerakan Hayabusa. Tetapi apakah itu semua sudah cukup menghentikan Ninja dari Scarlet Shadow tersebut?

Faktanya walaupun sudah memakai strategi di atas, Hayabusa tetap bisa solo VS 7 hero. Dia mampu menghindari skill dan serangan musuh dengan Shadow Kill. Skill tersebut dapat memicu Orbiting Sword yang memberikan damage besar. Parahnya lagi healing yang bisa diperoleh selama setelah mengeluarkan skill.

Yang sering terjadi dalam game Magic Chess, Hayabusa diserang lalu HPnya berkurang sedangkan Mana bertambah cepat. Dia mengeluarkan skill, HP lawan berkurang sedangkan Hayabusa full kembali. Hayabusa diserang, HP kembali berkurang dan Mana bertambah. Shadow Kill dikeluarkan, beberapa musuh mati sedangkan HP Hayabusa full kembali. Ulangi terus hingga tersisa Hayabusa di board. Kapan BUG ini diperbaiki Moonton ????