Ada ga sih doa agar menang giveaway? Belakangan ini banyak artis, influencer atau brand yang bagi barang cuma-cuma untuk followers di sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter ataupun Youtube.

Kata giveaway diambil dari bahasa Inggris yang artinya memberi secara gratis. Sekarang giveaway adalah salah satu media promosi yang terbukti ampuh. Tak hanya efektif namun kadang lebih murah dibandingkan beriklan di sosial media.

Cara Menang Giveaway

Perlu diingat apa yang ditulis pada artikel ini adalah cara meningkatkan peluang memenangkan undian giveaway. Tidak ada jaminan bahwa kalian bisa 100% mendapatkan barang dari giveaway yang diikuti.

Pastikan Kebenaran Giveaway

Seperti kita ketahui belakangan ini banyak pihak tidak bertanggung jawab yang menggunakan nama artis untuk mengadakan giveaway palsu. Sering sekali terjadi di Facebook, Instagram dan Twiter.

Pertama cek kebenaran giveaway dengan melihat akun sosial media penyelenggara. Jika itu benar akun dari artis terkenal seperti Baim Wong, Ivan Gunawan atau Raffi Ahmad pasti ada centang biru disamping nama.

Jika tidak ada centang biru, lihatlah follower dan postingan sebelumnya. Giveaway bodong terlihat dari nilai barang besar namun akun masih baru dilihat dari jumlah follower kecil dan postingan sedikit.

Cari Giveaway dengan Peluang Menang yang Besar

Contoh Giveaway dari Givee Awai BosQiue di atas, syarat sangat mudah dengan hadiah puluhan juta. Ditambah lagi disuruh menghubungi via Whatsapp. Halaman profil facebook juga terlihat mencurigakan, apalagi kita tahu Baim Wong sudah punya akun official Baim Paula dengan centang biru. Fix yang ini palsu!

cara menang Giveaway yang asli di Instagram

Yang satu ini berasal dari Hike n Run. Meskipun jumlah follower baru ribuan namun halaman facebook terlihat profesional. Hadiah yang diberikan sebanding dengan persyaratan yang harus dipenuhi. Jelas giveaway yang legit dan dapat dipercaya.

Oh iya belakangan ini giveaway melalui Whatsapp yang menjanjikan kupon diskon/ promo dari brand terkenal. Syaratnya kita harus mengisi survey berbelit di website yang penuh iklan pop-up. Ini juga palsu lho! Mengikuti giveaway seperti ini jelas buang-buang waktu dan tenaga.

Cari Giveaway dengan Peluang Menang yang Besar

Mengikuti giveaway dari artis, stasiun TV dan brand terkenal memiliki peluang menang yang sangat kecil. Puluhan hingga ratusan ribu orang kemungkinan akan mengikuti undian.

Lebih baik mencari giveaway perorangan, komunitas atau brand khusus. Misalnya di Twitter banyak fans KPOP yang berbagi DVD atau merchandise dari sang idola. Ada juga pecinta buku yang berbagi buku lamanya. 

Belakangan ini banyak brand baru terutama kecantikan dan fashion yang melakukan giveaway sebagai bentuk promosi. Salah satu yang populer belakangan ini ada Shopee Live, toko kadang memberikan barang cuma-cuma.

Carilah giveaway dengan pesaing yang puluhan hingga ratusan orang saja. Dengan begini peluang menang lebih besar. Persaingan bisa dilihat dari jumlah komentar postingan giveaway dan tag yang digunakan.

Gunakan Akun Sebanyak Mungkin

Syarat utama dari ikut giveaway tidak jauh dari follow, like, komen dan share. Mungkin sedikit beda seperti kalau di Youtube bukan follow tetapi subscribe atau di Twitter bukan share tapi Retweet.

Yang harus diperhatikan adalah ada tidaknya batasan yang mengharuskan 1 orang hanya boleh dengan 1 akun. Jika tidak ada berarti disini ada peluang lebih besar untuk memenangkan giveaway. Daftarkan semua akun yang dimiliki untuk memperbesar peluang menang.

Hingga saat ini mendaftar sosial media bisa dilakukan hanya bermodalkan email. Kalian bisa membuat email berbagai layanan seperti gmail, yahoo, mail.com, outlook, yandex, zoho mail, protonmail dll. Silahkan mendaftar akun sebanyak mungkin dengan layanan email di atas.

Bagi yang ingin simpel bisa membeli akun gmail yang sudah PVA (akun diverifikasi nomor handphone) di Marketplace. Harga kisaran 2000-3000 rupiah/ akun. 

Worth it? Buat pecinta giveaway yang sering berburu barang gratis ya wajib punya banyak akun kloningan. Akun gmail dirasa paling aman dibandingkan email dari provider lain.

Lakukan Persyaratan Sebaik Mungkin

Penentuan pemenang giveaway sering kali tidak 100% random. Banyak penyelenggara yang menentukan penerima hadiah dari persyaratan giveaway. Sebut saja dari komentar yang ditulis dan foto yang diposting.

Lakukan sebaik mungkin dan bandingkan dengan yang dilakukan pengikut giveaway lainnya. Pantaskah komentar atau fotomu memenangkan undian jika dibandingkan mereka?

Interaksi dengan Akun Sosial Media Penyelenggara

Kebanyakan giveaway dilakukan oleh Brand yang ingin promosi produk. Tujuannya untuk mengenalkan barang (brand awareness) dan meningkatkan jumlah follower. Giveaway dinilai lebih efektif dibandingkan beriklan.

Pastinya mereka akan senang jika ada yang aktif berinteraksi di sosial media. Kalian bisa like postingan selain informasi giveaway, lalu tinggalkan komentar positif dan share postingan terbaru. Lakukan terus hal ini selama masa giveaway.

Doa Agar Menang Giveaway

Baik itu agama Islam, Kristen, Katolik, Budha dan Hindu tidak memiliki doa khusus untuk memenangkan Giveaway. Namun giveaway bisa dibilang sebagai salah satu pintu rejeki, kalian bisa memanjatkan doa melancarkan rejeki.

Contoh dalam Islam adalah “Allahummaghfirlii, warhamnii, wahdinii, wa ‘aafinii, warzuqnii.” Artinya Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, berilah petunjuk padaku, selamatkanlah aku (dari berbagai penyakit), dan berikanlah rezeki kepadaku.

Terakhir perbanyak bersedekah karena salah satu keutamaan sedekah adalah memperlancar rejeki. Jangan terlalu bersedih jika gagal menjadi pemenang, masih banyak giveaway lain yang bisa diikuti kembali.

Kesimpulan

Menang Giveaway adalah salah satu impian yang gampang-gampang susah. Sekilas mudah namun karena persaingan yang ketat akhirnya gagal terus. Perlu keberutungan besar untuk memenangkan undian dari puluhan ribu orang yang ikut adu nasib.

Kita dapat memperbesar peluang keberhasilan dengan beberapa hal. Mulai dari mengikuti dengan lebih dari 1 akun, berburu giveaway sebanyak-banyak hingga doa agar menang giveaway. Namun tetap saja semua tergantung nasib.