Ketika kita ingin menghubungkan rekening untuk menerima dana Insentif Prakerja, kadang muncul peringatan “E-Wallet Sedang Dalam Proses Pengembangan Sistem”. Apa artinya dan bagaimana cara mengatasi?

Masalah ini belakangan terjadi pada peserta Gelombang 18 dan 19 yang tidak bisa menautkan akun OVO. Lebih dari seminggu proses belum selesai yang membuat peserta Prakerja panik karena dana Intensif tidak cair.

Arti E-Wallet Sedang Dalam Proses Pengembangan Sistem Prakerja

Maksudnya pihak E-wallet sedang melakukan penyempurnaan sistem untuk memberikan layanan yang lebih maksimal. Bisa karena adanya penambahan fitur, maintenance/ perawatan rutin atau terjadi bug/ error.

Tidak bisa menautkan rekening E-Wallet ke Prakerja bisa terjadi pada layanan OVO, BNI, LinkAja, GoPay ataupun Dana. Normalnya proses maintenance dilakukan dalam hitungan jam sehingga tidak menggangu pelayanan.

Sialnya terkadang proses pengembangan sistem terjadi hingga hitungan hari bahkan minggu seperti pada OVO di akhir Agustus hingga awal September 2021.

Arti E-Wallet Sedang Dalam Proses Pengembangan Sistem Prakerja OVO

Berikut adalah jawaban dari Customor Service OVO terkait masalah ini, “Hai Kak, terima kasih atas antusias Kakak, saat ini kami sedang terus berusaha melakukan penyempurnaan sistem untuk memberikan layanan yang lebih maksimal, Kakak dapat mencoba menautkan akun OVO dengan akun prakerja setelah tanggal 4 September 2021. Pastikan Akun OVO Kakak sudah upgrade menjadi OVO Premier. Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang anda alami. Terima kasih.”

Bagaimana dengan jadwal pencairan dana insentif ke rekening? Berikut adalah jawaban dari CS, “Hai Kak, mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Kami informasikan bahwa saldo insentif akan segera disalurkan mulai 6 september secara bertahap. Adapun pencairan insentif yang belum diterima diperkirakan selesai diproses sampai dengan 2 – 3 hari kerja berikutnya. Terima kasih atas kesediaan Kakak menunggu.”

Cara Mengatasi E-Wallet Sedang Dalam Proses Pengembangan Sistem

Jika muncul pemberitahuan error seperti ini, kita tidak hanya gagal menautkan rekening namun dana intensif juga gagal cair. Mengisi formulir pengaduan prakerja juga tidak berdampak banyak.

Yang bisa dilakukan peserta prakerja tentu saja menunggu hingga proses selesai. Tunggulah 1-2 hari, lebih dari itu segera menghubungi Customer Service. Silahkan cek sosial media seperti Twitter, Instagram ataupun Facebook dari masing-masing layanan.

Tanyakan kapan perkiraan proses pengembangan sistem akan selesai. Kalau mereka tidak mampu memberikan kepastian, lebih baik menggunakan layanan E-Wallet lain. Toh Prakerja menyediakan beberapa pilihan seperti BNI, OVO, LinkAja, GoPay dan DANA.

Pastikan kalian sudah meng-upgrade akun e-wallet agar dana Insentif bisa dicairkan. Syaratnya gampang hanya modal foto KTP dan selfie. Kadang jika KTP rusak/ foto kurang jelas, kita harus menambahkan foto dokumen lain.

Kesimpulan

E-Wallet Sedang Dalam Proses Pengembangan Sistem Prakerja artinya penyedia layanan E-Wallet melakukan penyempurnaan sistem untuk meningkatkan pelayanan. Penyebabnya mungkin karena ada tambahan fitur, perawatan rutin atau muncul error.

Biasanya proses maintenance hanya terjadi dalam hitungan jam sehingga tidak banyak yang menyadari. Namun kadang bisa terjadi hingga berhari-hari ataupun hitungan minggu. Yang seperti ini jelas menyebabkan kepanikan massal.

Bagi yang mau bersabar silahkan menunggu proses selesai. Sebaliknya bagi kalian yang ingin segera mencairkan dana insentif, lebih baik ganti ke E-wallet lain yang berfungsi normal. Jarang sekali semua E-wallet error dalam waktu bersamaan.