Sayang sekali hingga saat ini belum ada Google Translate Aksara Jawa ke Latin. Namun beruntung banyak anak bangsa yang membuat aplikasi dan situs terjemahan Hanacaraka online ataupun offline tanpa internet.

Tools penerjemah dari google sepertinya lebih fokus ke script tulisan bahasa populer. Lihat saja huruf Jepang, Korea, Cina, Arab, Tagalog, Hindi saja sudah tersedia. Seperti kita ketahui Hanacaraka jarang digunakan bahkan oleh keturunan asli Jawa sekalipun.

Apa itu Aksara Jawa

Aksara Jawa atau yang dikenal dengan Hanacaraka, Carakan,atau Dentawyanjana adalah salah satu aksara tradisional Indonesia yang berkembang di pulau Jawa. Huruf turunan dari aksara Brahmi India melalui perantara aksara Kawi ini digunakan untuk menulis bahasa Jawa.

Hanacaraka aktif digunakan dalam tulisan sehari-hari oleh masyarakat Jawa dari abad ke 15 hingga pertengahan abad ke 20. Penggunaan aksara Jawa mulai ditinggalkan karena dinilai kurang efisien dibandingkan huruf Latin.

Hingga sekarang Aksara Jawa masih diajarkan sebagai muatan lokal di daerah DI Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Belakangan pemerintah pun menggunakan huruf jawa di papan penunjuk jalan, nama tempat dll.

Apakah Bisa Google Translate Aksara Jawa ke Latin?

Tools resmi dari google yang digunakan sebagai penerjemah tulisan dan bahasa ini mendukung ratusan bahasa dari negara di seluruh dunia termasuk Indonesia, Jawa dan Sunda.

Sebenarnya sudah ada pilihan Javanese Language namun disini yang disupport adalah bahasa Jawa dalam bentuk tulisan latin bukan aksara Jawa.

Apakah Bisa Google Translate Aksara Jawa ke Latin?
Apakah Bisa Google Translate Aksara Jawa ke Latin?

Lihatlah gambar di atas, 

Tulisan dengan Hanacaraka ꦲꦏꦸ​ꦥꦺꦔꦺꦤ꧀​ꦠꦸꦏꦸ​ꦱꦠꦺ​ꦒꦸꦭꦺ tidak bisa terbaca ataupun diterjemahkan.

Sedangkan bahasa Jawa dalam latin “Aku luwe pengen mangan sego pecel” langsung diterjemahkan menjadi “Saya lapar saya ingin makan sego pecel”.

Dicoba menggunakan Krama “Bu mila mboten rawuh datheng pawiyatan” hasilnya lumayan ok dadi “Dia tidak datang ke sekolah”.

Terlihat bahwa Google Translate belum support script Aksara Jawa ke Latin. Terjemahan Jawa ke Indonesia dalam tulisan latin sudah lumayan namun ada sedikit kesalahan.

Translate Latin ke Aksara Jawa Online

Salah satu pengembang Transliterasi Latin ke Aksara Jawa dan sebaliknya adalah mas Benny Lin. Proyek “Nulisa” bertujuan mempermudah penulisan Aksara Jawa dan membantu mentransliterasi teks dari Latin ke Carakan dan sebaliknya.

Dimulai dari tahun 2012 dan situs dibuat pada 2013, hingga sekarang beliau terus mengembangkan Nulisa. Bahkan berkembang menjadi Transliterasi Aksara Nusantara. Support Aksara Bali, Bugis, Sunda, Lampung, Batak Toba, Simalungun, Angkola-Mandailing, Karo, Pakpak-Dairi dan akan ditambah lagi.

1. Silahkan kunjungi link https://bennylin.github.io/transliterasijawa melalui Browser di desktop ataupun handphone. Sebaiknya baca semua keterangan penggunaan yang ada di halaman situs.

2. Pilih mode sesuai kebutuhan seperti penggunaan Murda, Diftong dan Spasi. Penjelasan fungsi dari mode ada di ujung bawah halaman situs.

Untuk mengubah Latin ke Aksara Jawa, masukkan kalimat yang ingin diubah pada kolom atas. Ketika kalian mengetik Latin otomatis transliterasi Aksara Jawa akan muncul di bawah Pratayang [?].

3. Untuk proses sebaliknya, kalian cukup masukkan kalimat dalam Hanacaraka pada kolom bawah lalu klik tombol transliterasi jawa > latin. Hasilnya tulisan dalam huruf latin akan muncul.

Situs Translate Aksara Jawa ke Latin Tanpa Aplikasi
Situs Translate Aksara Jawa ke Latin Tanpa Aplikasi

Input Hanacaraka bisa dengan copy paste atau keyboard khusus Aksara Jawa. Nulisa juga mengembangkan Keyboard Jawa yang bisa di download di keyman. Sudah support Windows, Android, MacOS, Linux, iPhone, iPad, Web dan Mobile Web.

Tools satu ini sangat mudah digunakan terutama bagi adik adik yang ingin belajar Aksara Jawa sederhana. Mudah-mudahan kedepannya lebih berkembang lagi dan Nulisa hadir dalam bentuk aplikasi handphone yang support translate kamera.

NB: Apabila di layar handphone/ komputermu huruf jawa berubah kotak kotak itu artinya font Aksara Jawa belum terinstall. Silahkan install dulu, link download juga tersedia di github mas Benny Lin.

Translate Aksara Jawa ke Latin dengan Aplikasi

Ada banyak sekali pengembang aplikasi transliterasi dari Carakan ke Latin dan sebaliknya. Salah satu yang menarik adalah Aksara Jawa yang dibuat Hirson. Dengan aplikasi ini kita bisa menginputkan huruf jawa dengan keyboard dari aplikasi

1. Silahkan download aplikasi Aksara Jawa melalui link Playstore ini.

2. Tunggu proses pengunduhan dan pemasangan selesai lalu buka aplikasi.

3. Tampilan Home memberikan informasi tentang Carakan, Sandhangan, Murda, Swara, Wilayangan dan Rekan.

Untuk mengubah Latin -> Aksara Jawa pilih di menu bawah. Selanjutnya tinggal mengetikkan kalimat yang ingin diubah. Lalu klik tombol panah untuk menampilkan hasil translate.

Translate Latin ke Aksara Jawa dengan Aplikasi


Jika ingin menggunakan taling ketik é sedangkan pepet ketik e. Ketika kita menggunakan huruf besar otomatis Aksara Murda dan Swara akan muncul.

3. Untuk mengubah Aksara Jawa -> Latin pilih menu di bawah. Otomatis akan muncul tombol Keyboard Hanacaraka. Kalian cukup ketik atau tempel hasil salinan yang ingin diubah ke Latin.

Translate Aksara Jawa ke Latin dengan Aplikasi

Bagi yang belum paham Aksara Murdha, Swara, Rekan, Shandangan bisa baca dulu di Home aplikasi Aksara Jawa. Jujur aplikasi ini jauh dari kata sempurna, sangat sulit menyalin kalimat hasil transliterasi. Mengetik dengan keyboard juga susah dan ribet.

Kesimpulan

Hingga tahun 2021 belum ada dukungan Google Translate Aksara Jawa ke Latin. Tools penerjemah ini hanya support bahasa Jawa dalam huruf latin saja.

Beruntung banyak developer asli Indonesia yang mengembangkan aplikasi dan situs online yang bisa menerjemahkan. Kedepannya mudah-mudahan muncul aplikasi handphone yang bisa scan Aksara Jawa di gambar foto kamera.