Salah satu status pengiriman dengan aCommerce adalah In Transit Location Null. Anehnya hingga berhari-hari status tidak berubah. Apa artinya dan berapa lama paket akan sampai di tangan penerima?

Wajar kalau banyak yang bingung karena ekspedisi aCommerce jarang digunakan marketplace Indonesia. Salah satu yang bekerja sama adalah Akulaku. Memiliki tagline “the largest regional ecommerce enabler that provides end-to-end and ala carte ecommerce solutions for brands in Southeast Asia“. Keren sih tapi kok..!

Arti In Transit Location Null aCommerce

Yang dimaksud dengan In Transit adalah Pesanan Anda saat ini sedang berada di Hub Pengiriman dan menunggu untuk diambil oleh kurir kami dan dikirim ke alamat tujuan (pengertian dari FAQ aCommerce.asia).

Sedangkan Location Null bisa diartikan dengan nama lokasi tidak diinputkan. Dalam database, istilah Null muncul kalau kita belum mengisi data pada field tertentu dalam kasus aCommerce ini adalah field Location.

Jika status pengiriman aCommerce yang tidak berubah dari Sedang di Transit, kemungkinan besar pengiriman dioper ke mitra logistik pihak ketiga. Ekspedisi yang menjadi mitra untuk wilayah Indonesia adalah JNE.

Meskipun status tidak berubah dari In Transit namun pengiriman tetap diproses. Lama tidaknya tergantung pada jarak. Makin jauh dari Jabodetabek makin lama pula barang akan sampai di tangan penerima.

Waktu perkiraan barang sampai adalah 5 hari kerja untuk area pusat kota dan 10 hari kerja untuk area lain. Lebih dari itu segeralah menghubungi CS via email customercare@acommerce.co.id atau telepon +62 21 5095 8328.

Sepertinya sistem tracking aCommerce tidak langsung terintegrasi dengan JNE.Terlihat dari ada resi yang menunjukkan tracking JNE tapi lebih banyak yang tidak. Status dari JNE kemungkinan diinputkan manual oleh petugas. 

Berikut ini adalah resi yang mengikuti pelacakan milik JNE,

cara cek resi pengiriman acommerce

Sedangkan yang satu ini tidak berubah dari In Transit,

Status pengiriman Akulaku aCommerce tidak berubah dari Sedang di Transit

Mudah-mudahan kedepannya sistem bisa update otomatis sehingga langsung mengikuti tracking JNE. Toh ada banyak e-commerce yang sudah langsung terintegrasi ekspedisi seperti Shopee dan Tokopedia.

Minimal menunjukkan resi baru dari JNE pasti bisa mengurangi kekhawatiran pelanggan. Hal sepele namun lebih baik daripada stuck di status In Transit hingga berhari-hari.

Oper mengoper paket ke ekspedisi lain adalah hal yang lumrah dilakukan. Sebut saja RPX partner Mi dan Red Carpet Logistic (RCL) dulu partner Matahari. Mereka akan mengoper ke ekspedisi lain yang coverage area lebih luas seperti JNE, J&T, SiCepat dll.

Kesimpulan

Status pengiriman aCommerce yang stuck/ tidak berubah dari In Transit Location Null terjadi karena paket dioper ke mitra ekspedisi.

Walaupun status tidak berubah namun proses pengiriman tetap berjalan. Pada kebanyakan kasus, paket tetap datang namun waktu pengiriman bisa molor jauh. Layanan Same Day dan Next Day bisa sampai seminggu baru sampai ke rumah.