Sebuah aplikasi yang sering dicari adalah kamera translate aksara jawa ke latin dengan gambar foto. Harapannya aplikasi dapat menerjemahkan huruf jawa Hanacaraka menjadi bahasa Indonesia yang benar.

Aplikasi seperti ini tak hanya dibutuhkan oleh guru dan murid yang mengikuti pelajaran Mulok Bahasa Daerah, namun juga masyarakat umum. Harapannya huruf Jawa tidak punah dan bisa kenali oleh generasi di masa depan.

Aplikasi Translate Latin ke Aksara Jawa

Ada banyak aplikasi karya anak bangsa yang diunggah di Playstore dan mampu mengubah huruf latin ke aksara dan sebaliknya. Sebut saja Bagaskara yang support Kamera, Aksara Jawa dari Hirson, Aksara Jawa dari Uzan dll.

Pada artikel ini, dicontohkan APK Bagaskara yang sudah bisa mendeteksi huruf latin di foto untuk diubah langsung ke Aksara. Semua proses dari scan gambar tanpa internet (tidak perlu online).

5 menit 5 menit

Download di Playstore

Bagaskara Aplikasi Translate Latin ke Aksara Jawa dengan Kamera

Silahkan search aplikasi dengan nama Bagaskara : Translate Latin To Aksara & Backwards. Atau silahkan kunjungi link PlayStore ini. Developernya bernama Prieyudha Akadita S. Tinggal unduh aplikasi dan tunggu hingga terpasang di handphone.

Buka Aplikasi Bagaskara

Tampilan aplikasi seperti kamus google translate, dukungan hanya untuk Latin ke Aksara Jawa dan Sebaliknya. Belum tersedia aksara Bali, Batak, Sunda, Lontara, Kawi dll. Aplikasi juga tidak mendukung terjemahan dari bahasa Indonesia hanya mengubah huruf.

Mengubah Huruf Latin ke Aksara Jawa

Mengubah Huruf Latin ke Aksara Jawa dengan Aplikasi Tanpa Online

Kalian cukup menuliskan huruf latin yang ingin diubah menjadi Aksara Jawa. Otomatis huruf Hanacaraka akan muncul di bawah. Jika sudah tinggal klik tombol Copy (cek gambar).

Sedangkan untuk translate Aksara Jawa ke Latin, kalian bisa melakukan dengan copy paste atau menggunakan Keyboard yang mendukung huruf Jawa.

(Tambahan) Translate Aksara Jawa dengan Foto

Translate Aksara Jawa ke Latin dengan Foto

Tombol foto ada di pojok kanan paling bawah, kalian harus memberikan ijin Bagaskara untuk menggunakan Kamera handphone.

Aplikasi akan memberikan peringatan bahwa scan teks via camera hanya bisa mendeteksi tulisan Latin. Mode akan diubah ke Latin -> Aksara.

Yang harus dilakukan adalah memotret tulisan latin misal yang ada di buku pelajaran. Klik tanda Centang jika dirasa gambar sudah bagus, setelah itu hasil scan huruf latin akan muncul sekaligus versi aksara jawa.

Sayang untuk Camera Translator masih jauh dari sempurna. Sering kali terdeteksi error terutama tulisan tangan atau hasil cetakan namun memakai font unik (bukan umum seperti Times New Roman, Arial dkk). Mudah-mudahan bisa diperbaiki pada update versi selanjutnya.

Kamera Translate Aksara Jawa Ke Latin

Pasti banyak yang kecewa mengapa Bagaskara tidak mengubah Hanacaraka ke ABCDE. Padahal fitur inilah yang dibutuhkan untuk mengerjakan tugas Mulok Bahasa Daerah.

Perlu diingat banyak sekali aplikasi handphone di Android atau pun iOS yang mendukung translate tulisan di foto atau gambar di galeri. Tak main-main bahkan bisa menerjemahkan huruf Arab, Korea, Cina atau Jepang yang dikenal sulit dipelajari.

Sebagian besar aplikasi dibuild dengan ML Kit language identification dari Google yang support ratusan bahasa di dunia.

Sebenarnya sudah support Javanese language, sayang ML Kit hanya support bahasa Jawa dalam tulisan latin bukan script aksara Jawa. Inilah mengapa belum ada aplikasi camera translator yang bisa mendeteksi aksara jawa ketika scan foto.

Google sendiri sepertinya lebih fokus mengidentifikasi script dari bahasa populer. Kemungkinan jika yang lain selesai barulah aksara jawa. Sekarang punya database dari bahasa yang lebih sulit dari Hanacaraka sebut saja Japanese, Tagalog, Arabic dll.

Apa mau dikata toh Hanacaraka cuma ada di pelajaran namun jarang diterapkan di kehidupan Nyata. Jika ingin tulisan leluhur kita dihargai orang luar , sebagai keturunan asli Jawa marilah kita lestarikan Aksara Jawa.

Mudah-mudahan dalam waktu dekat ada developer asli Indonesia yang membuat database script aksara jawa. Untuk sementara belajarlah Hanacaraka lengkap dengan sandhangan dan pasangan.

Kesimpulan

Di tahun 2021 ini sudah tersedia aplikasi penerjemah latin ke aksara jawa dan sebaliknya. Kalian bisa cari di Playstore gratis misalnya aplikasi Bagaskara karya Prieyudha Akadita S yang tutorial penggunaan sudah dibahas di atas.

Sayangnya untuk kamera translate aksara jawa ke latin belum ada. Penyebabnya karena ML Kit language identification dari Google belum support script Javanese hanya language saja. Aplikasi Bagaskara hanya menyediakan scan deteksi latin.

Seperti kita ketahui daerah Yogyakarta dan Surakarta menggunakan aksara untuk penunjuk jalan dan nama tempat. Sebagian besar selalu ada terjemah Bahasa Indonesia dan Inggris namun kadang tidak ada. Nah Kamera translate jawa ke latin ini bisa jadi solusi.