Kenapa Kode Booking Tidak Muncul di Shopee

Ada kalanya penjual di Shopee mengeluh Kode booking tidak muncul di Seller Center atapun aplikasi. Hal ini ditandai dengan loading “Kode Booking sedang dibuat”.

Seharusnya setelah seller menerima pesanan dan melakukan pengaturan pengiriman, deretan kode akan muncul otomatis. Kasus stuck kode tidak keluar bisa terjadi J&T, JNE, Anteraja, Sicepat, SPX, Pos Indonesia dan kurir lain yang bekerja sama dengan Shopee.

Apa itu Kode Booking Shopee

Artinya deretan kode terdiri dari huruf dan angka yang digunakan sebagai bukti telah memesan layanan jasa pengiriman barang di Shopee.

Di marketplace online seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan Lazada, kode booking akan muncul ketika penjual sudah menerima pesanan dan mengatur pengiriman seperti pilih kurir, jenis layanan dll. Selanjutnya penjual mencetak label pengiriman yang akan ditempelkan pada paket yang sudah dikemas.

Ketika kurir datang untuk pickup atau langsung drop off ke gerai terdekat, seller tinggal menyebutkan kode booking lalu petugas menginputkan ke sistem. Otomatis semua informasi pengiriman akan masuk sistem.

Pihak jasa kurir akan mencetak label resi dan melanjutkan proses kirim paket ke tujuan. Setelah itu status pesanan dari sisi pembeli akan berubah dari Dikemas menjadi Dikirim.

Sistem kode booking terbukti bisa memangkas proses kirim barang dari marketplace terutama bagi seller dengan ratusan order tiap hari. Tak ada lagi proses tulis/ ketik manual data pengiriman yang sangat menyita waktu dan tenaga.

Oh iya Kode Booking bukan sesuatu yang eksklusif untuk jasa kurir saja, deretan kode ini juga sering digunakan ketika pesan tiket pesawat, bioskop, tiket konser dll. Sistem yang sangat cocok dengan gaya hidup masyarakat modern yang ingin serba cepat ga pake ribet.

Manfaat Kode Booking untuk Seller

Sistem yang menjembatani antara marketplace dan jasa ekspedisi ini sangat bermanfaat terutama bagi pihak Seller. Berikut ini ada beberapa keuntungannya,

  • Tidak perlu menulis atau ketik manual informasi pengiriman. Semua data seperti nama, alamat, nomor telepon baik itu pengirim dan penerima, data barang dan sebagainya sudah otomatis masuk dalam sistem Kode Booking.
  • Seller tidak perlu membayar ongkir ketika menyerahkan barang ke kurir. Ongkos kirim sudah otomatis dipotong dari dana pembayaran dari pembeli. Enaknya karena sistem Shopee sudah terhubung dengan pihak kurir.

Overall sistem ini terbukti mempercepat proses administratif pengiriman barang yang dibeli via marketplace. Tidak heran akhirnya diterapkan di Shopee, Lazada, Tokopedia dan Bukalapak.

Namun sama hal dengan sistem otomatis lainnya, ketika ada gangguan pasti langsung panik berjamaah. Apalagi sistem booking ini melibatkan dua pihak yaitu sistem Shopee dan pihak jasa kurir. Kalau salah satunya terkendala ya tidak dapat berjalan semestinya.

Kode Booking Sedang Dibuat Shopee

Seharusnya setelah penjual menerima pesanan dari pembeli dan mengatur pengiriman, kode booking akan muncul secara otomatis.

Namun kadang tidak keluar ditandai loading terus di status Kode booking sedang dibuat… Contohnya seperti di gambar di bawah.

Kode-Booking-Sedang-Dibuat-Shopee

Ketika kode booking tidak muncul maka tidak bisa cetak resi data pengiriman yang ditempelkan ke bungkus paket. Seller juga tidak mungkin mengirim ke jasa kurir tanpa kode ini.

Yang terparah akhirnya pesanan dicancel otomatis oleh sistem karena dianggap gagal menyiapkan pesanan hingga batas waktu pengiriman.

Kendala semacam ini bisa terjadi di J&T, Anteraja, SiCepat, JNE, Pos Indonesia dan kurir lain. Tak hanya di Shopee namun marketplace lain seperti Tokopedia, Lazada dan Bukalapak pun sering mengalami.

Cara Mengatasi Kode Booking Tidak Muncul di Shopee

Ada beberapa hal yang patut dicoba untuk mendapatkan kode booking agar dapat segera cetak resi dan melanjutkan proses pengiriman ke kurir.

  • Menunggu Sistem Normal dan Cek Berkala

    Cara Mengatasi Kode Booking Tidak Muncul di Shopee

    Yang paling sering menyebabkan kode booking tidak keluar adalah kendala sistem baik itu Shopee atau kurir terkait. Ketika ini terjadi tidak ada yang bisa dilakukan selain menunggu dan cek berkala dalam waktu 1x 24 jam.

    Untuk mengetahui ada tidaknya kendala sistem, bisa bertanya ke Customer service. Contoh jawaban dari CS Twitter @ShopeeID ada pada gambar.

    Jika terjadi masalah pada sistem Shopee sebaiknya menunggu. Dari pengalaman seller, banyak yang bilang bahwa kode booking akan muncul hanya dalam waktu beberapa jam. Segera komplain ke Customer Service Shopee kalau sudah melebihi waktu sehari.

    Sistem tidak bisa memproses kode booking dikarenakan ada perbaikan, peningkatan layanan atau maintenance rutin. Biasanya tidak membutuhkan waktu lama hanya hitungan jam saja.

  • Pembeli Membatalkan Pesanan dan Membeli Lagi

    Trik ini bisa digunakan kalau yang bermasalah adalah sistem kurir bukan Shopee. Kalian bisa mengkomunikasikan kendala dengan pembeli. Jelaskan kronologi kejadian dan minta pembeli untuk cancel pesanan dan beli kembali.

    Setelah pesanan masuk, gunakan jasa kurir yang sistemnya lancar. Trik ini cocok bagi pembeli yang ingin barangnya dikirim sesegera mungkin. Kalau ga terlalu penting lebih baik tunggu, toh dalam beberapa jam kemungkinan deretan kode keluar.

  • Nekad Kirim Manual dan Kirimkan Resi ke Tim Shopee

    Metode ini cukup ribet karena respon dari pihak CS Shopee yang lambat. Pengalaman dikutip dari blog pribadi follyakbar.id. Tak main-main bahkan beliau kirim manual dengan menggunakan kurir berbeda.

    Seller bisa kirim manual ke gerai/ drop off terdekat. Pastikan informasi pengiriman persis dengan data yang ada di Shopee (WAJIB). Jangan lupa minta bukti pengiriman dan nomor resi.

    Sesegera mungkin hubungi Tim Shopee bisa lewat call center, email, sosial media atau chat di pusat bantuan.

    Yang terpenting itu jelaskan kronologi masalah (plus screenshoot). Tidak lupa sebutkan nomor pesanan dan nomor resi baru dari kurir.

    Tim Shopee pasti tidak langsung menerima permintaan seller dan minta bukti-bukti lain. Ikuti saja apa yang mereka inginkan.

    Jika sukses maka status pengiriman yang awalnya Dikemas akan berubah Dikirim. Selanjutnya proses akan berjalan seperti biasa.
    Trik ini terbukti sukses namun cukup beresiko, bisa saja barang sudah sampai ditangan pembeli padahal status masih Dikemas. Sekali lagi disarankan untuk tunggu dulu 1x 24 jam sebelum komplain ke Customer Service.

Dari tiga cara yang disarankan di atas, disarankan tetap menunggu sistem normal kembali dan semoga Kode Booking keluar dengan sendirinya. Bagi yang waktu pembatalan sudah di depan mata, silahkan coba metode bar-bar yang ketiga.

Kesimpulan

Dari apa yang dijelaskan di atas terbukti bahwa kode booking tidak muncul disebabkan oleh sistem itu sendiri. Kita sebagai pengguna sistem tentu tidak bisa apa-apa selain menunggu tim terkait melakukan perbaikan.

Otak atik dari sisi pengguna seperti login-logout, clear cache aplikasi, login di perangkat lain dll, hasilnya pasti tetap zonk. Lha emang bukan disitu permasalahannya!

Cara terbaik mengatasi Kode Booking tidak keluar di Shopee adalah meminta pembeli untuk membatalkan pesanan dan membeli kembali. Kali ini atur pengiriman dengan kurir lain yang dirasa lebih profesional.

Sayang sekali peraturan Shopee tidak mengijinkan Seller untuk mengganti kurir pengiriman setelah bikin kode booking. Mudah-mudahan ada kebijakan baru terkait masalah ini sehingga Seller tidak kebingungan ketika sistem terkendala.

Leave a Reply