Kadang nomor airway bill/ resi dari pengiriman SiCepat Ekspres tidak bisa dilacak baik itu di website resmi dan aplikasi. Kenapa muncul no resi tidak ditemukan?

Normalnya kita cukup memasukkan deretan angka resi dari pengiriman/ marketplace ke kolom yang disediakan. Terakhir klik lacak dan beberapa detik kemudian status pengiriman terkini bisa dilihat oleh pelanggan. Kuncinya nomor resi harus sesuai dengan data dalam sistem.

No Resi Tidak Ditemukan di Sicepat Ekspres

Jika ternyata nomor resi keliru penulisan atau tidak ada dalam sistem maka muncul alert “No resi tidak ditemukan” seperti pada gambar di bawah ini.

cKenapa No Resi SiCepat Tidak Bisa Dilacak

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan masalah ini, mulai dari sistem itu sendiri, salah ketik, nomor dari pengirim yang keliru ataupun error dari pihak ketiga.

Server SiCepat Mengalami Gangguan

Server mengelola banyak sekali data tentang pengiriman barang melalui layanan SiCepat. Baik itu kurir, petugas gudang ataupun tim terkait dapat cek dan input status terkini ke dalamnya.

Di sisi lain ada pelanggan yang mengakses sistem untuk tracking resi demi mengetahui posisi barang saat ini. Tak hanya di website dan aplikasi resmi tapi juga melalui pihak ketiga yang terhubung dengan sistem.

Ribuan orang setiap hari mengakses sistem, jika mereka mengakses bersamaan maka server akan lemot atau bahkan down. Saat itu terjadi pengecekan bisa saja gagal dilakukan. Biasanya terjadi ketika hari diskon besar-besaran seperti harbolnas ataupun ulang tahun marketplace.

Tidak ada yang bisa dilakukan oleh pelanggan selain menunggu server online kembali. Silahkan tunggu 30 menit – 1 jam kedepan, semoga cek resi bisa dilakukan dengan lancar.

Untuk memastikan down atau tidaknya server SiCepat, silahkan cek resi dari beberapa AWB berbeda. Jika semua tidak ditemukan, kemungkinan memang server gangguan. Sebaliknya jika ada yang gagal namun ada yang berhasil, artinya resi gagal tsb yang bermasalah.

Apabila error terjadi lebih dari 1x 24 jam silahkan hubungi Customer Service SiCepat. Tak ada salahnya mendiskusikan masalah ini dengan pihak pengirim/ penerima.

Salah Memasukkan Nomor Resi

Salah tulis bisa dibilang sebagai penyebab paling klasik dari kegagalan cek resi, silahkan cek apakah sudah benar resi yang dimasukkan. Salah penulisan 1 angka saja pasti hasilnya tidak bisa ditracking.

Cek lagi apakah ada spasi di depan ataupun belakangnya. Jangan sampai salah nulis 1 dan l ataupun 0 dan O. Ingat no resi dari SiCepat Ekspres memiliki 12 digit angka yang diawali dengan 00/000. Tidak ada huruf hanya full angka.

Pastikan juga pengirim tidak memberikan resi yang salah, mintalah foto dari bukti pengiriman barang. Ketik manual deretan angka yang tertulis di kertas tersebut. Cek 2-3 kali sebelum klik tombol Lacak.

Untuk nomor resi yang tidak diawali 00/000 dan full angka 12 digit, kemungkinan besar paket dikirim menggunakan jasa ekspedisi lain. Kalian harus tracking melalui situs dan aplikasi resmi dari kurir tersebut.

Resi Belum Masuk Sistem SiCepat

Kasus ini terjadi pada kalian yang belanja di marketplace. Sebut saja di Shopee yang memiliki fitur Kode Booking, Tokopedia pun sama.

Penjual tinggal memilih jasa ekspedisi yang dipakai dan pilih pick up atau drop off. Sistem Kode Booking langsung memberikan nomor resi/ AWB otomatis. Setelah itu di menu Pesanan Saya milik pembeli menunjukan status pengirim sedang mempersiapkan pesanan anda.

Ketika ada gangguan, no resi dari Shopee atau Tokopedia tidak segera masuk sistem SiCepat. Kalau nekat tracking hasilnya muncul no resi tidak ditemukan.

Yang dapat dilakukan pelanggan hanya menunggu sistem normal. Biasanya hanya dalam hitungan jam sudah bisa dicek seperti biasa.

Sistem Pihak Ketiga Gangguan

Banyak sekali situs dan plugin ongkos kirim yang bisa digunakan untuk tracking pengiriman SiCepat Ekspres. Misalnya situs resinesia, berduid, cekresi, pluginongkoskirim, paketmu dan masih banyak lagi.

Belakangan ini marketplace seperti Tokopedia dan Shopee juga terhubung langsung dengan sistem tracking SiCepat. Mengetahui status kiriman bisa langsung melalui aplikasi tanpa harus menulis resi.

Mungkin ada teman-teman yang suka cek di situs yang disebutkan di atas. Kadang tracking via pihak ketiga mengalami error, bisa karena gangguan atau ada peningkatan layanan.

Saat itu terjadi sebaiknya kalian cek resi melalui situs official yang disediakan di https://www.sicepat.com/checkAwb dan aplikasi SiCepat Ekspres. Yang resmi pastinya lebih tahan banting dibandingkan pihak ketiga.

Data Telah Dihapus Sistem

Berbeda dengan riwayat pesanan Shopee yang selalu tersimpan, ternyata SiCepat menghapus data yang dianggap sudah tidak diperlukan.

Data resi pengiriman akan dihapus oleh sistem setelah 3 bulan dinyatakan selesai. Setelah itu kalau ditracking hasilnya pasti muncul No resi tidak ditemukan.

Kesimpulan

Alasan kenapa no resi SiCepat tidak bisa dilacak biasanya gangguan sistem (down), salah penulisan ataupun belum masuk sistem.

Saat terjadi gangguan sebaiknya dicek dulu apakah server down atau tidak, caranya dengan mencoba cek 2-3 nomor resi berbeda. Jika semua gagal tracking berarti memang ada masalah sistem.

Kalau ternyata ada yang sukses namun ada yang gagal, kemungkinan yang gagal itu salah tulis. Perlu diingat nomor resi SiCepat itu terdiri dari 12 angka yang diawali depan angka 000/00. Jika ada huruf dan jumlahnya kurang dari itu kemungkinan dari jasa ekspedisi lainnya. Resi yang salah jika dicek pasti hasilnya “No resi tidak ditemukan”.

Bagi penerima sebaiknya komunikasikan masalah ini dengan pengirim. Bandingkan nomor resi yang dicek dengan yang ada di kertas bukti pengiriman. Kalau ternyata sama tapi error, segera hubungi customer service dari SiCepat (via Call Center, Whatsapp ataupun Sosial Media).