Artikel ini akan membahas alasan kenapa paket Anteraja tidak bergerak, stuck atau tidak ada perubahan status. Lengkap dengan solusi untuk mengatasi dengan komplain ke Customer Service.

Dampak dari masalah ini adalah proses pengiriman parcel yang molor dari estimasi pengiriman. Dapat terjadi pada siapapun yang belanja online di Shopee, Blibli ataupun Tokopedia. Segera menghubungi CS Anteraja untuk memastikan barang logistikmu aman.

Kenapa Paket Anteraja Tidak Bergerak

Mari kita membahas satu persatu sesuai dengan status tracking dimana parcel stuck/ tidak bergerak hingga berhari-hari.

1. Status Pengiriman Yang Tidak Diinputkan

Dari pengalaman netizen dan pengecekan puluhan resi, My Open Sketch Book menemukan bahwa banyak status pengiriman yang tidak diinputkan ke sistem tracking. Dampaknya seolah pengiriman Anteraja tidak ada pergerakan padahal tetap diproses.

Berikut ini adalah kode/ istilah pengiriman barang Anteraja mulai dari Pick up hingga delivery. Langkah 8-9 hanya untuk luar kota, dalam kota diskip karena tidak transit antar hub.

  1. Pickup sudah di-request oleh shipper, dan SATRIA akan pickup parcel Hari Tanggal sekitar jam 16:00 – 18:00
  2. SATRIA sudah ditugaskan dan parcel akan segera di-pickup.
  3. Tugas pickup sudah diambil alih oleh SATRIA dan parcel akan segera pickup.
  4. Parcel sudah di-pickup oleh SATRIA.
  5. Parcel sudah tiba di SS [nama_cabang] untuk menuju ke hub.
  6. Parcel sudah tiba di Hub [nama_kota].
  7. Parcel sedang diproses di Hub [nama_kota].
  8. Parcel keluar dari Hub nama_kota (proses transit) atau Parcel menuju ke Hub nama_kota (proses transit).
  9. Parcel tiba di Hub nama_kota (proses transit).
  10. Parcel sedang diproses di Hub [nama_kota].
  11. Parcel menuju ke Staging SS [nama_cabang]
  12. Parcel sudah tiba di SS [nama_cabang] untuk proses delivery.
  13. SATRIA sudah ditugaskan dan parcel akan segera diantar ke penerima.
  14. Delivery sukses oleh SATRIA dan paket telah diterima oleh nama (Penerima asli). Terima kasih sudah menggunakan jasa AnterAja #PastiBawaHepi.

Update status proses pengiriman langkah demi langkah sangat penting bagi calon penerima. Sering kali Anteraja tidak menyebutkan paket sudah dikirim atau sudah tiba. Misalnya pelacakan nomor resi di bawah ini.

Status Pengiriman Yang Tidak Diinputkan

Di tanggal 9 Juli paket terakhir ada di SS Kota JKT Brt untuk menuju Hub. Tanggal 10 – 11 tidak ada kabar namun tiba-tiba 12 Juli sudah OTW ke SS Bandung Barat. Yang dilewati adalah Parcel tiba di Hub Jakarta barat, parsel diproses lalu dikirimkan ke Hub Bandung.

Pengiriman memang sesuai dengan estimasi yaitu 3 hari namun skip tanggal 10-11 membuat calon penerima khawatir. Apa susahnya selalu mengupdate status ini? Kalau memang ada kendala bisa diinput sebagai Delivery tertunda karena masalah operasional atau cuaca.

2. Parcel sedang diproses di Hub

Alasan klasik dari masalah ini adalah pengiriman overload, banyak pelanggan yang mengirimkan barang pada waktu bersamaan. Sering terjadi ketika ada promo besar-besaran seperti Harbolnas atau flashsale tanggal kembar seperti 1.1, 2.2 dst.

Seperti kita ketahui setiap barang yang diterima cabang Staging Store (SS) akan dikumpulkan di Hub kota. Selanjutnya barang disortir berdasarkan area pengantaran dan jenis layanan. Makin banyak paket masuk, makin lama proses yang terjadi di Hub.

Hasilnya parcel anteraja tidak bergerak dari status “Parcel sedang diproses di Hub NAMAKOTA“. Selambat-lambatnya seharusnya cuma butuh 1-2 hari saja, lebih dari itu segera komplain.

Paket Anteraja tidak bergerak di Parcel sedang diproses di Hub

Gambar hasil pelacakan di atas adalah contoh buruknya layanan Anteraja. Parcel berada di HUB Bandung sejak 6 Juli hingga 11 Juli. Baru tanggal 12 Juli diteruskan ke SS Purwakarta – Ciseureuh. 

Efek flashsale 7.7? Tentu tidak karena barang dikirim sebelum itu. Kasus seperti ini kemungkinan karena barang terselip, salah sortir atau terlewat. Kita harus segera hubungi CS Antersaja supaya mereka menghubungi gudang di Bandung. Mintalah barang segera diproses!

Kurang lebih jawaban dari admin, “Jika kami cek di sistem, untuk paket kakak masih dalam proses sortir di gudang kami sehingga tidak ada update pada status kak. Karena status akan terupdate ketika sudah selesai dilakukan sortir”.

3. Parcel Sedang Menuju Staging

Arti dari status ini adalah paket barang logistik dalam perjalanan dari Hub ke Staging Store. Anehnya kadang pengiriman stuck di status ini lebih dari 3 hari. 

Padahal perjalanan naik mobil dari Ujung Kulon hingga Banyuwangi itu sekitar 1 hari lho. Mungkinkah dari Jakarta – Jawa Barat butuh waktu 2-3 hari.

Faktanya Anteraja itu seperti anak jaman sekarang. Bilangnya sudah OTW namun faktanya barang masih disortir di Gudang (HUB) atau menunggu pengiriman. Seperti yang terjadi pada status tracking di bawah,

Paket Anteraja stuck di Parcel Sedang Menuju Staging

Dari 27 Januari status terhenti di Parcel sedang menuju staging. Tanggal 28 dan 29 tidak ada update dan baru dikirimkan pada 30 Januari.

Segera hubungi CS pusat agar mereka mengingatkan SATRIA untuk mempercepat pengiriman. Apalagi jika sudah melebihi estimasi waktu pengiriman barang.

Kasus tidak bergerak karena perjalanan yang lain yaitu “Parcel keluar dari HUB (proses transit)” dan “Parcel Sudah Tiba di SS untuk Menuju ke HUB”.

Baca juga: Arti Parcel Sedang Menuju Ke Staging Anteraja

4. Parcel sudah tiba di SS untuk Proses Delivery

Artinya parcel sudah sampai di kantor/ gudang cabang yang berada di daerahmu. Selanjutnya tinggal menunggu si kurir atau SATRIA mengirimkan paket ke rumah penerima.

Normalnya jika pagi sudah datang, hari itu juga paket sudah sampai di tangan penerima. Namun ternyata hingga berhari-hari tak kunjung datang.

Jika itu yang terjadi harusnya muncul status baru yaitu Delivery tertunda karena masalah operasional atau cuaca. Namun sering kali petugas acuh dan tidak mau mengupdate status pengiriman.

Status tidak ada perubahan di Parcel sudah tiba di SS untuk Proses Delivery Anteraja

Terlihat pada 5 Juli, paket sudah tiba di SS Kota JKT Timur namun baru mulai dikirimkan pada 8 Juli. Tentu hal ini menjengkelkan karena pengiriman dari Depok ke Duren Sawit butuh waktu 4 harian.

Kalau urgent/ barang penting silahkan cari alamat atau setidaknya nomor telepon dari SS di daerahmu melalui google maps. Silahkan buka aplikasi Maps lalu search dengan kata kunci “SS Anteraja”. Urutkan berdasarkan jarak.

Sayang tidak semua daerah punya kantor/ gudang cabang sebaik Drop Point J&T atau Gerai JNE. Inilah mengapa kadang kita sulit menemukan alamat Staging Store Anteraja.

Dari jawaban admin Anteraja. Saat ini kami belum memiliki drop point/agen yang dapat kakak kunjungi dan hubungi. AnterAja merupakan ekspedisi home pickup/delivery jadi kaka tidak perlu mengantarkan atau mengambil paket secara langsung ya.

5. SATRIA sudah ditugaskan dan parcel akan segera di-pickup

Proses pengiriman dengan Anteraja selalui diawali dengan “Pickup sudah di-request oleh shipper”. Di tracking terlihat perkiraan waktu pickup mulai dari tanggal dan jam.

Sayang terkadang si SATRIA telat untuk pick up barang hingga 1-2 hari seperti pelacakan AWB di bawah.

Anteraja SATRIA sudah ditugaskan dan parcel akan segera di-pickup

Terlihat jadwal pick up adalah 5 Juli jam 12.00 – 14.00 namun ternyata status “Parcel sudah di-pickup oleh SATRIA” baru muncul pada 7 Juli 16.00.

Positif thinking saja bahwa SATRIA sedang sakit atau ada keperluan penting yang mendadak sehingga tidak bisa mengambil paketan.

Tak ada yang bisa kita lakukan kecuali menunggu. Bagi yang kecewa, bisa cancel order dan minta refund mumpung barang belum dikirim.

Cara Komplain ke Anteraja

Belakangan ini layanan Anteraja sering digunakan masyarakat Indonesia untuk pengiriman belanja online. Alasannya sudah pasti biaya pengiriman yang gratis/ free ongkir. 

Perlu diingat free ongkir dari marketplace itu masuknya Layanan Reguler Anteraja. Estimasi pengiriman 1-2 untuk wilayah Jabodetabek sedangkan luar daerah 2-4 hari. Namun dari pengalaman netizen, anggap saja selevel REG dari JNE yaitu 1-7 hari.

Sebelum komplain sebaiknya cek tracking resi dulu di official website https://anteraja.id/tracking. Masukkan nomor resi atau AWB atau kode booking. Isi captcha dan klik LACAK. Bisa juga melalui aplikasi Anteraja.

Selanjutnya tinggal hubungi CS dan ceritakan kronologi paket tidak bergerak berdasarkan hasil tracking pengiriman. Berikan informasi nomor resi dari parcel agar mereka bisa melacak keberadaan paket. Kadang mereka juga meminta identitas nama, alamat dan nomor telepon untuk konfirmasi.

Berikut adalah pilihan untuk menghubungi CS Anteraja pusat,

  • Call Center (021) 5060-3333
  • Email cs@anteraja.id
  • Twitter @anteraja.id
  • Instagram @anteraja.id
  • Facebook @official.anteraja

Sampai saat ini Staging Store dari Anteraja belum tersebar luas di seluruh Indonesia. Pada beberapa daerah bahkan belum berwujud kantor, ada yang seperti gudang saja.

Cukup sulit mendapatkan alamat dan nomor telepon dari cabang dimana parcel terakhir berada. Mudah-mudahan mereka menambahkan fitur seperti Cara Mengetahui Nomor Kurir J&T Ekspress. Dengan begini kita bisa mudah janjian dengan SATRIA yang membawa parcel.

Dari pengalaman pelanggan terutama yang menghubungi CS di Twitter, jawaban admin adalah,

Baik kak kami mengerti kendala kakak saat ini, Dapat kami informasikan untuk saat ini layanan yang kakak gunakan adalah layanan REGULER dengan estimasi 4 hari sejak paket terpick-up pada 2021-07-03 dan estimasi terakhir nya adalah tanggal 7 Juli 2021 ya kak.

Jawaban di atas jika anda komplain ketika masih dalam masa estimasi pengiriman paket Reguler yaitu 2-4 hari. Sedangkan untuk yang lebih dari estimasi akan mendapatkan jawaban di bawah,

Baik kak mohon maaf sekali ya kak atas keterlambatan dalam pengiriman akan kami kordinasikan ke team terkait ya kak , di tungu proses pengiriman sedang berlangsung kami upayakan secepat nya paket kakak di terima.

Jangan heran kalau jawaban yang diberikan itu Template. Tugas seorang Customer Service adalah menjawab pertanyaan customer/ pelanggan. Keluhan masalah teknis seperti pengiriman, sortir, paket hilang atau posisi barang akan dilaporkan ke tim terkait.

Biasanya setelah diprotes, dalam beberapa jam ke depan status pengiriman akan diperbaharui. Contohnya adalah gambar di bawah.

Pengalaman Komplain ke Anteraja karen Parcel tidak bergerak berhari-hari

Pelanggan komplain di Twitter pada 12 Juli jam 12.39 WIB karena paket stuck di HUB Bandung dari tanggal 10. Akhirnya pada jam 13.26 muncul status bahwa masih disortir di HUB Bandung dan pada 15.05 dikirimkan ke SS Kota Bandung – Kacapiring.

Terbukti meskipun keluhan pelanggan dibalas jawaban template namun proses beneran dimaksimalkan. Tim gudang segera mencari barang untuk diteruskan ke area pengantaran selanjutnya.

Kesimpulan

Penyebab paling umum dari kenapa paket Anteraja tidak bergerak adalah proses sortir di gudang yang lama. Bisa disebabkan karena jumlah paket overload. Seperti kita ketahui dua marketplace besar Shopee dan Tokopedia memberikan free ongkir melalui Anteraja.

Sedangkan proses pengiriman yang lambat bisa disebabkan kendala operasional, cuaca atau force majeure yang tidak bisa diprediksi sebelumnya. Apalagi belakangan ini banyak penyekatan, lockdown, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).