Salah satu problem yang sering dialami pengguna hape kentang adalah Mobile Legends yang restart sendiri. Sebut saja ketika loading masuk pertandingan, sudah nembus 50% tiba-tiba layar blank. Akhirnya harus memulai ulang dari awal munculnya logo Moonton. Bagaimana cara mengatasi Mobile Legends keluar sendiri?

Contoh lain adalah ketika tidak sengaja klik notifikasi Whatsapp atau menerima telepon. Ketika kembali masuk ke dalam game ML, kita disambut si logo Moonton. Walaupun tidak stuck di loading namun setidaknya butuh waktu 1-2 menit agar bisa masuk pertandingan kembali.

Penyebab Mobile Legends Restart Sendiri

Oke terlebih dahulu sikentang akan membahas penyebab masalah ini. Jawabnya adalah memori RAM. Bukan server, koneksi internet ataupun memori penyimpanan yang error.

Sekarang HP dengan RAM 1-2 GB pasti ngos-ngosan untuk ML. Belum lagi ditambah sistem dan aplikasi lain yang berjalan di background. Ketika RAM yang digunakan mendekati 100%, game akan restart otomatis untuk membebaskan memori.

Inilah mengapa ML yang restart sendiri terjadi ketika loading masuk battle. Saat itu ML membutuhkan banyak memori RAM. Hal yang sama terjadi saat pemain keluar dari ML untuk membuka aplikasi lain.

Cara Mengatasi Mobile Legends Keluar Sendiri

Bagi pengguna hape kentang dengan RAM di bawah 2 GB, bisa mencoba mengatasinya dengan beberapa hal di bawah ini. Sikentang sebenarnya sudah membahas masalah ini dalam artikel Tips Agar Mobile Legends Tidak Lag di HP RAM Rendah.

1. Game Booster

Salah satu fungsi dari Game Booster adalah menutup aplikasi yang berjalan di background untuk membebaskan RAM. Ada juga yang dibekali fitur block notifikasi aplikasi lain.

Di luar sana banyak pilihan aplikasi Game Booster. Pilih yang sudah diunduh banyak orang dan mendapatkan review positif. Silahkan download di Play Store atau App Store. Mayoritas gratis, sayang terlalu banyak iklan. Pertimbangkan versi premium jika aplikasi terbukti ampuh mempercepat game.

Sayangnya Game Booster tidak bisa menutup sistem kecuali diroot. Jadi kadang efeknya tidak begitu terasa. Wong handphone kentang RAM 2 GB dalam keadaan standby, memori sudah terpakai 40-50%.

2. Uninstall Aplikasi Tidak Penting

Banyak aplikasi yang kurang penting dan bisa memakan memori handphone. Contohnya adalah aplikasi chatting dan sosial media. Jenis aplikasi seperti ini tetap aktif di background walaupun tidak dibuka.

Banyak generasi milenial yang pasang lebih dari 5 aplikasi sebut saja facebook, messenger, twitter, instagram, telegram, discord, whatsapp, mi-chat, pinterest, line dll.

Disarankan menguninstall aplikasi yang jarang digunakan. Kalau tidak mau mencopot, sebaiknya matikan notifikasi dan update. Toh sebenarnya sosial media bisa dibuka lewat browser.

3. Lebih Baik Gunakan Browser

Penggunaan aplikasi memang mempermudah pengguna handphone mengakses sosial media dan e-commerce. Sayangnya install terlalu banyak aplikasi malah membebani memori RAM dan penyimpanan.

Untuk itu sebaiknya akses sosial media dan toko online yang jarang digunakan melalui situs di browser seperti Chrome, Firefox, Opera dll. Kalau ada diskon khusus aplikasi, barulah install yang versi aplikasi.

Selain itu jangan memberikan izin sebuah website memberikan notifikasi melalui browser. Cara mengeceknya misal Chrome di Menu => Setelan => Notifikasi => Dari Situs. Selanjutnya hapus semua yang ada dalam “Diizinkan” kecuali google.

4. Menghapus Cache

Dalam game ML terdapat fitur untuk menghapus cache. Letaknya ada di Pengaturan (Lambang Gerigi) lalu pilih Deteksi Jaringan di deretan bawah. Pilih Bersihkan Cache, terakhir Tap untuk Membersihkan Cache.

membersihkan cache agar ML tidak restart sendiri

Saat mucnul gambar di atas sebenarnya cache sudah terhapus namun ML juga menyarankan untuk restart. Tidak ada salahnya merestart aplikasi untuk membebaskan RAM.

Lakukan Clear Cache ini setelah 2-3 pertandingan. Lebih baik restart sekarang dari pada nanti restart sendiri ketika bermain. Di hape kentang memainkan game berturut-turut pasti menyebabkan lag pada game selanjutnya.

5. Update Aplikasi Mobile Legends

Kita asumsikan ada bug atau error yang menyebabkan ML restart sendiri. Jika ini yang terjadi maka Moonton sang developer akan sesegera mungkin memperbaiki. Silahkan cek di Play Store/ App Store untuk mengecek adanya update. Segera update patch terbaru.

Kesimpulan

Masalah ini lebih sering terjadi pada hape kentang dengan RAM di bawah 2GB. Berbeda dengan pengguna handphone RAM 4 GB yang bisa sesuka hati menerima telepon dan membalas WA tanpa harus restart.

Membebaskan memori RAM adalah cara terbaik untuk mengatasi Mobile Legends keluar sendiri. Sikentang tidak menyarankan menghapus data ataupun menginstall ulang aplikasi ML.

Sekarang total data sekitar 2,3 GB setelah update 2.0 Unity. Selain memakan banyak kuota internet, proses downloadnya lama. Untuk hape kentang saat download data, aplikasi harus dibuka kalau enggak ya restart.

Terakhir perlu diingat tutorial ini untuk mengatasi ML yang restart sendiri. Dimana aplikasi memuat ulang dari munculnya logo Moonton bukan keluar karena Force Closed. Kalau tiba-tiba menutup dan keluar terus seperti itu, kemungkinan karena penyimpanan full atau ada data yang bermasalah.

Author

Write A Comment