Sering kali ketika ketika cek resi J&T Express, muncul status Paket Tertunda, Penerima Mengambil Sendiri Paket di DP. Apa artinya dan yang harus dilakukan selanjutnya?

Teman-teman tidak perlu khawatir, paket sudah hampir tiba ke tangan anda namun terjadi sedikit error. Lebih baik jangan cuma menunggu, kalian bisa menjemput bola dengan menghubungi kurir atau langsung ke Drop Point terdekat.

Arti Penerima Mengambil Sendiri Paket di DP

Seharusnya status tracking ini digunakan jika calon penerima ingin mengambil paket sendiri tanpa diantarkan kurir ke rumah. Misalnya saja suami istri yang keduanya bekerja. Dari pada kurir ke rumah tapi tidak ada yang menerima paket, lebih baik diambil sendiri ke DP.

DP merupakan singkatan dari Drop Point, semacam kantor cabang yang tersebar di wilayah Indonesia. J&T Express tidak menggunakan sistem franchise melainkan sistem sentralisasi. Drop Point dibuat berdasarkan analisa yang tepat sehingga lebih efisien menjangkau seluruh Indonesia.

Kalian bisa search di aplikasi dengan menekan tombol “Find Near Drop Point” atau “Temukan Drop Point Terdekat”. Alternatif lain melalui website https://www.jet.co.id/finddroppoint. Tinggal masukkan kecamatan tempat tinggal anda. Otomatis peta akan menunjukkan DP yang jaraknya paling dekat.

Terkadang walaupun tidak diminta, pihak J&T menuliskan bahwa Penerima Mengambil Sendiri Paket di DP. Biasanya di depan kalimat tersebut tertulis, paket tertunda, Paket disimpan di gudang J5, Paket gagal dikirim dll.

Kemungkinan besar disebabkan oleh Human Error, admin salah memasukkan status pengiriman. Kurir akhirnya tidak melanjutkan paket tersebut ke calon penerima. Saat hal ini terjadi seharusnya kurir/ admin yang tanggap akan mengirimkan WA ke penerima.

Jika paket terlambat datang sebaiknya kalian segera hubungi kurir yang bertugas mengantar paket tersebut. Nama dan nomor telepon bisa dilihat dengan mengecek resi pengiriman. Tanyakan baik-baik dimana paket anda, selanjutnya tinggal minta dikirim langsung ke rumah.

Solusi lain adalah mengambil sendiri ke Drop Point terdekat, cukup tunjukkan bukti resi pengiriman dari pengirim atau marketplace. Admin akan mengambilkan paket milik anda yang ada dalam gudang. Bagi yang sering keluar rumah malah enak ambil langsung, lebih aman tanpa khawatir.

Kesimpulan

Status resi pengiriman J&T Express “Penerima Mengambil Sendiri Paket di DP” biasa digunakan jika calon penerima ingin mengambil sendiri ke Drop Point. Cocok bagi yang jarang berada di rumah, dari pada takut kurir tidak bertemu siapa-siapa.

Nah terkadang karena salah input data, kurir tidak mengantarkan paket yang bersangkutan karena dianggap akan diambil sendiri. Akhirnya paket gagal terkirim lalu disimpan dalam gudang/ Drop Point.

Solusi terbaik untuk mengatasi hal ini adalah menghubungi kurir yang terakhir membawa paket dan minta diantar keesokan harinya. Alternatif lain adalah mengambil sendiri di Drop Point, kalian bisa mengetahui alamat DP terdekat di aplikasi ataupun website official.