Bagi yang berbelanja di Shopee dengan J&T Express mungkin pernah menjumpai informasi pengiriman “Pesanan ditahan sementara karena Paket salah dikirimkan/salah penyortiran. Silakan hubungi pihak jasa kirim“. Apa artinya dan berapa lama barang sampai rumah?

Penggunaan kata “ditahan” sukses membuat pelanggan panik. Apakah ada masalah yang melanggar syarat dan ketentuan sehingga barang ditahan oleh pihak kurir? Oke jangan khawatir dulu, admin akan mencoba membahas status ini.

Arti Pesanan Ditahan Sementara J&T Express

Artinya proses pengiriman pesanan ditunda/ ditahan sementara karena kendala tertentu. Barang akan disimpan dulu di gudang Drop Point terdekat dimana kurir bekerja. Proses akan dilanjutkan keesokan harinya pada jam kerja.

Meskipun selalu diikuti dengan saran untuk “Silakan hubungi pihak jasa kirim” namun sebaiknya tunggu hingga waktu estimasi. Walaupun terlambat namun biasanya pengiriman tetap lancar dan aman sampai tangan penerima tanpa ada masalah.

Status pesanan ditahan sementara pasti diikuti dengan jenis kendala yang menjadi penyebab. Berikut ini adalah beberapa contohnya,

  • Paket salah dikirimkan/salah penyortiran
    Biasanya paket dikirimkan ke DP yang salah karena terjadi kesalahan ketika penyortiran. Pihak J&T akan meneruskan paket ke DP yang benar sesuai dengan alamat penerima.

    Berapa lama pengiriman tergantung pada jarak antara DP nyasar ke DP yang sebenarnya. Kalau cuma nyasar beda Kabupaten mungkin cuma butuh 1-2 hari namun untuk beda Pulau bisa 3-4 hari.
  • Kesalahan kode pengiriman (TLC)
    TLC singkatan dari Three Letter Code yang biasa digunakan untuk menandai area pengiriman. Kesalahan TLC menyebabkan barang yang seharusnya ke area A nyasar ke area B. Selanjutnya J&T akan mengirimkan ke area tujuan yang benar.
  • Pelanggan tidak di tempat
    Kurir sudah melakukan pengiriman ke alamat penerima sesuai resi namun tidak bertemu dengan yang bersangkutan. Akhirnya paket dibawa kembali ke gudang DP dan akan dikirimkan pada hari kerja selanjutnya.

    Seharusnya seperti itu namun faktanya banyak pelanggan yang menunggu di rumah namun kurir tak datang. Eh tiba-tiba muncul status yang menyatakan dia tidak di tempat. Tak perlu khawatir karena biasanya paket akan datang dalam 1-2 hari.
  • Toko atau kantor sudah tutup
    Artinya kurir sudah mengantar barang ke alamat sesuai resi namun ternyata toko/ kantor dari penerima sudah tutup. Status ini juga sering salah ya gaes karena banyak pelanggan yang mengklaim kantornya buka seperti biasa. Barang biasanya sukses terkirim 1-2 berikutnya.
  • Sudah melewati waktu operasional Drop Point
    Maksudnya kurir belum sempat mengirimkan paket ke pelanggan hingga akhir jam kerja DP. Barang pun dibawa kembali ke gudang DP untuk dikirimkan keesokan harinya.

    Jam kerja dari DP di daerah itu bisa jam 18.00 atau hingga malam. Ketika barang yang masuk sangat banyak dan terkendala hujan, pengiriman pasti terhambat dan kemungkinan barang sampai dalam 1-2 hari.
  • Sudah reschedule dengan customer
    Artinya disini kurir menghubungi customer via nomor telepon di resi dan sudah menjadwalkan ulang waktu pengiriman agar tidak gagal kirim.

    Faktanya banyak yang mengklaim tidak pernah dihubungi kurir namun tiba-tiba muncul status ini. Sebaiknya bersabar dulu, dalam 1-2 hari kemungkinan besar akan sampai.
  • Penerima mengambil sendiri paket di DP
    Maksudnya pihak penerima sudah menghubungi kurir atau DP terdekat dan janjian ingin ambil sendiri di DP.

    Lagi-lagi status ini juga sering salah penerapan. Banyak pelanggan yang setia menunggu di rumah namun dinyatakan ingin mengambil sendiri. Sebaiknya hubungi DP terdekat untuk memastikan posisi barang sebenarnya. Kalian bisa mencari nomor Drop Point J&T Express dimana barang berada dengan tracking via aplikasi J&T Express.
  • Kemasan luar paket tidak sesuai prosedur
    Status ini sering terjadi ketika bungkus terluar dari paket rusak di perjalanan. Sebaiknya segera hubungi Customer Service agar diteruskan ke pihak terkait untuk memastikan kondisi barang terkini. Kalau memang kerusakan rusak silahkan mengklaim ganti rugi dari pihak ekspedisi.

Terkadang gagal kirim bisa terjadi hingga lebih dari sekali. Kalau itu terjadi disarankan segera menghubungi pihak Customer Service dari J&T Express telepon: 021-8066-1888, email: jntcare@jet.co.id atau Whatsapp: http://wa.me/+628118466188.

Status ini baru muncul di akhir tahun 2021 yang eksklusif hanya di informasi pengiriman Shopee saja. Sebelumnya lebih sering menggunakan status Percobaan pengiriman paket akan dilakukan kembali besok karena.

Ketika ditracking di website https://jet.co.id/track dan aplikasi J&T Express hasilnya berbeda. Contohnya ada gambar di bawah ini,

Terlihat pada 5 Maret 2022, Shopee menyatakan bahwa Pesanan ditahan sementara karena Paket salah dikirimkan/salah penyortiran. Silakan hubungi pihak jasa kirim. Namun ketika ditracking via website hasilnya Sedang Tertunda, Paket salah dikirimkan/salah penyortiran/ On Hold,Package wrongly sorted.

Kata ditahan yang digunakan oleh Shopee diambil dari terjemahan On Hold dari status J&T versi Inggris. Kalau dicek di google translate On Hold bisa diartikan Tertahan.

Jujur heran mengapa informasi pengiriman Shopee sering menggunakan istilah yang berbeda-beda. Sepele tetapi sering bikin pelanggan bingung dengan status baru.

Dari pengamatan myopensketchbook, status ini hanya ada di Shopee untuk pengiriman dengan kurir J&T Express. Sepertinya tidak berlaku untuk jasa ekspedisi lain seperi JNE, Anteraja, SiCepat, Shopee Express, Pos Indonesia, SiCepat Ekspress dll.

Kesimpulan

Terbukti bahwa Pesanan ditahan sementara menunjukkan bahwa kurir sudah mencoba mengirimkan barang ke calon penerima namun gagal karena kendala tertentu. Barang dibawa kembali dan disimpan di gudang Drop Point terdekat sebelum dicoba mengirim kembali pada keesokan harinya.

Berapa lama pengiriman tergantung pada kendala yang menyebabkan. Yang tercepat bisa 1-2 hari namun tidak jarang ada yang bisa 4-7 hari. Intinya sabar dulu hingga batas akhir waktu estimasi, lebih dari itu hubungi Customer Service.