Pesanan Telah Dikirim Dari Lokasi Transit Hub

Pernahkah Anda berbelanja di Shopee dengan kurir Shopee Express dan mendapati status “Pesanan telah dikirim dari lokasi transit hub“?

Status ini kerap menimbulkan pertanyaan, termasuk berapa lama paket akan tiba di tujuan akhir. Mari kita bahas secara lebih mendalam mengenai makna dari status ini.

Arti Pesanan Telah Dikirim Dari Lokasi Transit Hub

Maksudnya pesanan telah meninggalkan Transit Hub menuju ke Distribution Center/DC. Pada tahap ini, ‘Hub’ yang dimaksud adalah titik awal atau ‘First Mile Hub’, hub yang menerima paket dari penjual, pengiriman dan Agen Shopee.

Selanjutnya status akan berubah menjadi ‘Pesanan telah sampai di lokasi sortir KOTA DC‘. Perubahan terjadi hanya beberapa jam karena jarak yang dekat antara Hub dan DC. Paket yang diterima oleh Hub dan agen di wilayah tertentu akan diteruskan ke DC terdekat sebelum disortir sesuai rute pengiriman.

Sebagai contoh, jika seorang penjual menyerahkan paket di Hub Bubutan, paket tersebut akan dilanjutkan ke Surabaya DC. Bubutan merupakan sebuah kecamatan di kota Surabaya.

Begitu juga jika paket berasal dari Hub Bantul, akan dikirimkan ke Yogyakarta DC. Bantul sendiri merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Umumnya hub dan DC itu masih dalam 1 kota atau 1 provinsi, jadi tidak butuh waktu lama untuk sampai ke DC. Yang lama itu adalah pengiriman dari DC kota asal ke tujuan terutama pada pengiriman antar pulau dengan transportasi laut.

Simak juga: Cara Mengatasi Paket Shopee Express Tidak Bergerak

Berapa Lama Paket Akan Sampai?

Mengingat proses pengiriman masih dalam tahap awal, perlu waktu lama hingga paket sampai ke tangan penerima/ pembeli. Sebaiknya tetap bersabar menunggu hingga tanggal perkiraan sampai yang ada di “Informasi Pengiriman” di aplikasi Shopee.

Mari kita pahami langkah-langkah dalam pengiriman Shopee Express untuk memperkirakan waktu pengiriman pesanan. Proses dimulai saat seller menyerahkan paket ke agen Shopee, kurir, atau hub terdekat setelah selesai mengemas paket.

Paket kemudian dikumpulkan di First Mile Hub yang berlokasi di kota atau kecamatan tersebut. Dari sini, paket akan diarahkan menuju Distribution Center (DC) terdekat untuk menjalani proses sortir sebelum dikirimkan ke alamat penerima berikutnya.

Setelah proses sortir selesai, pesanan siap dikirimkan ke DC berikutnya sesuai rute atau lokasi terakhir transit hub. Setelah sampai di kota dimana pembeli berada, kurir akan mengantarkan paket ke alamat tujuan, dan paket diterima oleh pelanggan.

Dengan memahami alur ini, dapat memberikan gambaran perkiraan waktu tiba pesanan Anda. Total waktu yang dibutuhkan untuk proses ini dapat bervariasi tergantung pada jarak antara penjual dengan lokasi pengiriman akhir yaitu pembeli.

Jika pesanan Anda ditujukan ke kota yang relatif dekat, perkiraan waktu kedatangan bisa lebih singkat. Namun, untuk pengiriman ke daerah yang jauh, waktu yang dibutuhkan tentu akan lebih lama.

Untuk pengiriman antar pulau dengan layanan Hemat, Anda harus lebih bersabar lagi. Jenis pengiriman ini umumnya dikirim melalui jalur darat dilanjutkan laut. Di musim penghujan, waktu pengiriman mungkin sampai hitungan 2-3 minggu.

Lebih lama lagi jika harus menunggu jadwal keberangkatan operator transportasi yang kadang terjadi karena kendala cuaca. Untuk itu lebih disarankan pengiriman Reguler jika berbelanja di seller yang lokasinya jauh dari rumah.

Dengan pemahaman yang jelas mengenai status “Pesanan telah dikirim dari lokasi transit hub” dan proses perjalanan paket selanjutnya, Anda bisa lebih tenang dan memahami tahapan yang dilalui oleh barang yang Anda beli hingga akhirnya sampai di tangan Anda. Yuk, sabar menanti kedatangan barang pesanan Anda!

Tinggalkan komentar