Cara Mengatasi Shopeepay Tidak Bisa Digunakan

Saat buat pesanan sering kali Shopeepay tidak bisa digunakan padahal saldo cukup. Anehnya metode pembayaran lain seperti SPayLater, COD, Transfer Bank, Alfamart dan Indomaret bisa dipilih.

Pilihan Shopeepay gelap dan tertulis Isi Saldo seolah isi dompet digitalmu tidak mencukupi. Saat ini terjadi maka kita tidak bisa melakukan pembayaran dengan Shopeepay. Jangan buru-buru melakukan Top Up karena ada cara mengatasi dengan mudah.

Kenapa Shopeepay Tidak Bisa Digunakan Padahal Saldo Cukup

Perlu diperhatikan menurut informasi dari Pusat Bantuan Shopee, “Pastikan nominal saldo ShopeePay Anda minimal sesuai dengan jumlah harga awal checkout sebelum dikurangi Voucher Gratis Ongkir, Voucher Diskon, atau Koin Shopee“.

Ini artinya jika total belanjamu Rp.100.000 dengan ongkir Rp.14.000 maka harus ada saldo minimal 114.000 di dalam dompet Shopeepay. Jika kurang dari 114.000 maka Shopeepay tidak bisa digunakan dan muncul Isi Saldo.

Jujur kebijakannya agak aneh mengapa perhitungan voucher free ongkir tidak didahulukan. Voucher/ diskon hanya aktif jika saldo melebihi total harga barang + ongkos kirim.

Cara termudah untuk mengatasi tentu saja top up agar jumlahnya lebih dari 114.000. Namun ada lho trik agar voucher diskon bisa aktif walaupun saldo hanya sejumlah harga barang + ongkos kirim dikurang diskon.

Kenapa Shopeepay Tidak Bisa Digunakan Padahal Saldo Cukup
  1. Silahkan checkout seperti biasa hingga pemilihan Metode Pembayaran.

    Seperti gambar di atas, Shopeepay tidak bisa dipilih dan terlihat tombol Isi Saldo. Kalau tetap klik muncullah peringatan “Maaf, saldo ShopeePay-mu tidak mencukupi. Mohon gunakan metode pembayaran lainnya.”
  2. Pilihlah SPayLater atau COD lalu klik konfirmasi.
  3. Kali ini Voucher bisa dipilih dan potongan harga diaplikasikan ke pesanan anda.

    Ingat ya voucher Ongkir hanya berlaku untuk ketiga pembayaran ini. Sekarang Credit Card, Transfer Bank, Indomaret dan Alfamart tidak bisa menikmati gratis ongkir.
  4. Pilih kembali Metode Pembayaran, terlihat Shopeepay bisa dipilih.
  5. Cek kembali perhitungan total pembayaran, jika sudah yakin pilih Buat Pesanan.
  6. Verifikasi pembayaran dengan PIN ataupun sidik jari.
  7. Selesai. Tinggal menunggu pembeli mengemas pesanan dan kurir mengirim.

Dengan trik ini voucher diskon bakal aktif lebih dulu dan memberikan potongan harga sehingga bisa dibayar dengan Shopeepay. Cocok digunakan ketika saldo mepet dengan total pembayaran belanjaan.

Oh iya terkadang voucher tidak bisa digunakan untuk metode pembayaran COD, saat itu terjadi kalian bisa menganti ke Shopeepay Later.

Penyebab & Cara Mengatasi Shopeepay Tidak Bisa Digunakan

Bagaimana jika saldo melebihi harga barang + ongkir namun tetap tidak bisa memilih Shopeepay sebagai metode pembayaran?

Kasus seperti ini sering terjadi pada siapa saja baik itu pengguna baru ataupun lama. Ada beberapa hal yang mungkin menjadi sumber masalahnya.

1. Kendala Pada Sistem

Dari keluhan seorang netizen pada Customer Service Twitter @Shopeecare. Beliau bertanya “ShopeePay saya tidak bisa digunakan untuk pembayaran, tetapi malah otomatis dialihkan ke ShopeePay Later, padahal saldo saya masih mencukupi buat belanja. Mohon bantuan untuk penanganannya.”

Jawaban dari CS “Maaf banget ya Kak atas kendala tidak dapat Checkout menggunakan ShopeePay, dikarenakan saat ini sedang ada kendala pada sistem Shopee. Mohon kesediaan Kakak menunggu dan melakukan pengecekan secara berkala dalam estimasi 1×24 jam kedepan ya kak”.

Penyebab & Cara Mengatasi Shopeepay Tidak Bisa Digunakan

Ketika terjadi kendala pada sistem biasanya ditandai dengan peringatan seperti gambar di atas. Perbaikan/ peningkatan layanan berlangsung dalam hitungan jam saja.

Tak ada yang bisa dilakukan selain menunggu penanganan tim terkait dan cek berkala dalam waktu 1x 24 jam kedepan. Lebih dari sehari segeralah menghubungi Customer Service lalu sebutkan username agar dilakukan pengecekan.

2. Akun Bermasalah

Shopee menerapkan sistem ketat demi menjaga keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi. Ketika terjadi terdeteksi kejanggalan aktivitas pada sebuah akun, sistem otomatis menerapkan pembatasan.

Hukuman yang diberikan seperti logout sendiri namun tidak bisa login kembali atau sekedar tidak bisa menggunakan Shopeepay.

Untuk mengecek sebaiknya hubungi CS dan menceritakan kronologi kejadian. Asalkan kalian tidak melakukan pelanggaran berat pasti bisa normal kembali.

3. Aplikasi Bermasalah

Penyebab Shopeepay tidak bisa digunakan bisa saja berasal dari data aplikasi. Mungkin corrupt, error ataupun kadaluwarsa.

Pertolongan pertama yang bisa dilakukan adalah Clear Cache aplikasi Shopee melalui menu Saya > Pengaturan Akun> Informasi> Bersihkan Cache.

Cek juga apakah kalian menggunakan versi terupdate. Jika tidak sebaiknya update dulu aplikasi melalui PlayStore atau Appstore.

4. Jaringan Internet

Aplikasi Shopee memang cukup berat karena banyaknya fitur pendukung. Kita harus menggunakan jaringan yang stabil dan lumayan cepat.

Jaringan internet yang lemot menyebabkan aplikasi gagal meload halaman sehingga muncul “Ups!! Telah terjadi kesalahan. Silahkan mencoba beberapa saat lagi.” Sebaiknya gunakan layanan internet lain atau bisa Wifi yang lebih cepat.

Kesimpulan

Masalah Shopeepay tidak bisa digunakan padahal saldo cukup sering terjadi karena kendala sistem. Hal ini dilakukan untuk perawatan rutin, perbaikan atau peningkatan layanan.

Saat itu terjadi maka sistem tidak bisa memproses transaksi yang berlangsung. Yang perlu dilakukan adalah mengecek berkala dalam 1x 24 jam kedepan. Antrian transaksi akan diproses setelah sistem online kembali.

Bagi yang saldo mepet dengan total pembayaran, gagal melakukan pembayaran bisa terjadi karena potongan voucher yang dihitung belakangan. Solusi terbaik untuk mengatasi dengan memilih metode pembayaran lain yang sesuai S&K Voucher, biasanya COD dan SPay Later.

Apabila saldo Shopeepay mencukupi dan lebih dari 1x 24 jam masih tidak bisa membayar, sebaiknya hubungi Customer Service. Pilihannya bisa lewat aplikasi Shopee, email, call center ataupun akun sosial media. Sekian semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply