Banyak yang bertanya berapa ukuran KTP di word, photoshop, paint atau coreldraw. Template yang tepat sesuai pixel, inch, cm atau mm dibutuhkan agar hasil print di kertas seperti standar.

KTP sendiri merupakan singkatan dari Kartu Tanda Penduduk. Sebuah identitas resmi yang dapat dimiliki Warga Negara Indonesia asli yang berusia di atas 17 tahun. Selain itu Warga Negara Asing yang memiliki surat izin menetap juga bisa memilikinya.

Ukuran KTP dalam Inch, Cm, MM dan Pixel

SatuanPanjang x Lebar
Inch2,12 x 3,38 inch
Cm8,56 x 5,39 cm
Mm85,60 x 53,98 mm
Pixel323 x 204 px

Baik itu KTP lama maupun model e-KTP di Indonesia dibuat memenuhi standar ISO/IEC 7810 (ID-1). Surat Ijin Mengemudi, Kartu Pelajar, Kartu ATM, Kartu BPJS, Kartu NPWP, Kartu Membership juga mengikuti standar internasional ini.

ISO (International Standar Organization) merupakan penetap standar internasional yang terdiri dari wakil-wakil dari badan standarisasi nasional setiap negara. Standar yang dibuat mulai dari ukuran kartu telepon, kartu ATM, kartu Identitas, ketebalan kertas, standar jenis film fotografi dan masih banyak lagi.

Cara Print Bolak Balik KTP di Word

Tak cukup dengan Ctrl+P untuk agar KTP hasil scan bisa dicetak bolak balik sesuai dengan asli. Pertama yang harus dilakukan tentu mengatur ukuran KTP di Word sesuai sentimeter dari ukuran standar di atas.

Yang harus disiapkan adalah softfile dari KTP hasil scan atau foto. Bagi yang memotret dengan handphone, usahakan diambil tegak lurus, data jelas dan tanpa flash. Terakhir crop background yang tidak penting hingga menyisakan gambar KTP saja.

My Open Sketch Book mengunakan Word dari Office 365. Tutorial bisa diterapkan untuk versi terdahulu mulai dari Microsoft Word 2003, 2007, 2010, 2013 dan 2016.

1. Masukkan File KTP ke Word

Buka aplikasi Word, klik Sisipkan (Insert) lalu pilih Gambar (Picture) dari Perangkat Ini.

Cari dimana letak gambar KTP yang diingin dicetak. Sebelumnya pastikan gambar sudah dicrop rapi yang menyisakan gambar KTP saja.

Cara Masukkan File KTP ke Word

2. Mengubah Ukuran KTP di Word sesuai Standar

Klik kanan gambar KTP yang muncul di halaman kerja Word. Dari deretan menu pilih Ukuran dan Posisi (Size and Position).

Cara Mengubah Ukuran KTP di Word sesuai Standar

Menurut ISO/IEC 7810 (ID-1), ukuran KTP dalam cm adalah 8,56 x 5,39 cm. Hilangkan Centang di Kunci Aspek Ratio. Atur Tinggi (Height) menjadi 5.39 cm dan Lebar (Width) 8.56 cm.

Tergantung input keyboard, kadang harus pakai Titik bukan Koma. Jika salah muncul peringatan “Ini bukan merupakan ukuran yang valid”.

Ulangi untuk gambar belakang dari KTP.

3. Atur Posisi

Untuk kertas A4 kita bisa memasukkan sekitar 10 gambar KTP bolak balik. Meskipun begitu, lebih baik tidak berdempet dengan memberikan jarak. Disarankan memasang 6-8 gambar saja seperti gambar di bawah ini.

Cara Mengatur Posisi KTP Hasil Scan agar Cetak Bolak Balik

Cara memposisikan KTP seperti gambar adalah dengan mengatur Layout (Tata Letak) dengan Margin Sempit dan Ukuran A4.

Aktifkan Gridlines (Garis Kisi) yang ada di Menu View (Tampilan).

Klik kanan pada Gambar lalu pilih Warp Text (Bungkus Text), pilih Di Depan Text (In Front of Text).

Selanjutnya tinggal copy paste gambar depan dan belakang. Geser dengan mouse hingga posisi rata kiri dan kanan. Wajib simetris agar nanti hasilnya tepat bolak-balik.

4. Print KTP di Word

Pertama silahkan print seperti biasa dengan Ctrl + P hingga cetakan keluar dari printer.

Setelah itu masukkan kembali kertas yang sudah ada gambar KTP ke dalam printer dalam posisi terbalik lalu Ctrl + P sekali lagi. Seharusnya hasilnya cetakan sudah tepat bolak balik.

Mengatur Ukuran KTP di Photoshop

Photoshop bisa digunakan untuk mengatur ukuran KTP dengan baik.Cocok sekali bagi kalian yang hasil scannya kurang bagus, aspek ratio tidak sesuai dengan KTP asli.

Cara Mengatur Ukuran KTP di Photoshop

My Open Sketch Book menggunakan Adobe CC Photoshop 2018, untuk versi sebelum dan setelahnya kurang lebih sama saja.

  1. Buka Photoshop
  2. Klik menu File lalu Open. Cari dimana letak file KTP hasil scan atau jepretan kameramu.
  3. Klik menu Image lalu Image Size, bisa juga dengan klik Alt + Ctrl + i
  4. Ubah sesuai Ukuran KTP sesuai ISO/IEC 7810 (ID-1). Bisa pakai mm, cm, inch ataupun pixel.

Kesimpulan

Untuk menghasilkan hasil cetakan KTP yang persis asli kita harus setting sesuai ukuran resmi. Pemerintah Indonesia mengikuti aturan yang ditertera ISO/IEC 7810 (ID-1) sebagai standar kartu Identitas di Dunia.

Cara mencetak KTP bolak balik di Word itu gampang-gampang susah. Kesulitan hanya di pengaturan jarak antar gambar agar nanti hasil cetakan pas. Sekian semoga artikel ini bermanfaat.